10 Buah Tersehat Di Dunia Untuk Anda

Image result for aPEL

Siapapun ingin hidup sehat. Selain menghindari hal-hal yang buruk bagi kesehatan seperti rokok dan alkohol, rajin berolahraga juga bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Tapi, kebiasaan baik tersebut akan sia-sia jika tubuh Anda tidak mendapat asupan gizi yang cukup. Kebutuhan gizi setiap orang-orang berbeda-beda dan ditentukan oleh banyak faktor namun tidak pernah ada kata lebih jika kita berbicara tentang gizi. Salah satu makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda adalah buah-buahan.

Siapa yang tidak suka buah? Selain baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin, buah pada umumnya mempunyai rasa yang manis. Buah-buahan banyak disajikan sebagai menu penutup makan besar karena mengandung banyak mineral yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Banyak sekali jenis buah yang ada di dunia dan hampir semuanya mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh Anda.

Baca JUGA: 10 Pantai Terbaik Di Indonesia

  1. Sebagai salah satu buah tropis yang paling terkenal, nanas mengandung banyak sekali nutrisi khususnya vitamin C dan mangan. Nanas juga mengandung enzim bromelain yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi dan pencerna protein. Enzim ini juga bisa melindungi Anda dari risiko penyakit kanker. Nanas enak untuk dimakan langsung maupun dengan ditemani cabai bubuk dan garam.
  2. Tidak seperti buah yang pada umumnya mengandung karbohidrat, alpukat justru mengandung sedikit karbohidrat namun melimpah dari segi lemak sehat. Lemak sehat ini berfungsi sebagai agen anti inflamasi dan bagus bagi kesehatan jantung saat dikonsumsi. Zat lainnya yang terkandung di dalam alpukat antara lain serat, magnesium dan potasium, yang bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan meminimalisir risiko serangan stroke. Meskipun termasuk buah yang cukup mahal, manfaat positif bagi tubuh Anda rasanya cukup sepadan dengan harga yang Anda bayarkan.
  3. Buah yang satu ini adalah salah satu buah yang paling populer di dunia. Selain itu, apel juga penuh dengan nutrisi penting bagi tubuh. Apel mengandung banyak serat, vitamin C, potasium, vitamin K dan sedikit vitamin B. Antioksidan yang terkandung di dalam apel membuatnya bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko munculnya penyakit diabetes, kanker dan Alzheimer serta memperkuat tulang. Zat penting lainnya yang terkandung di dalam apel adalah pektin, jenis serat yang merupakan makanan bagi bakteri bagus di dalam perut Anda dan dapat membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh.
  4. Buah tropis yang satu ini sangat kaya akan vitamin C. Mangga juga mengandung banyak serat yang sangat baik bagi tubuh serta antioksidan dan zat anti inflamasi yang bisa mengurangi risiko munculnya kanker. Mangga merupakan buah musiman serta tidak selalu tersedia setiap saat namun banyak variasinya sehingga cocok bagi Anda yang suka mencoba berbagai rasa yang baru yang unik.
  5. Buah yang satu ini sangat kaya akan vitamin C, vitamin A, potasium dan folat serta mengandung antioksidan yang bagus untuk mencegah bahaya munculnya kanker. Nutrisi yang terkandung di dalam pepaya lebih cepat diserap oleh tubuh manusia dibanding buah-buah lainnya. Mungkin ini pula yang menjelaskan fakta bahwa pepaya adalah buah yang sangat baik untuk memperlancar pencernaan kita. Buah ini sangat mudah ditemukan di pasar-pasar dan harganya pun sangat terjangkau.
  6. Jeruk adalah salah satu buah yang paling populer di dunia. Selain itu, jeruk juga merupakan salah satu buah yang paling banyak nutrisinya jika dibandingkan dengan buah yang lain. Nutrisi terbanyak yang ada di dalam jeruk adalah vitamin C dan potasium. Jeruk juga adalah sumber vitamin B yang bagus karena mengandung thiamin dan folat. Jeruk juga mengandung flavonoid, karotenoid dan asam sitrus yang semuanya baik bagi kesehatan tubuh. Jeruk juga bagus untuk mencegah bahaya timbulnya anemia dan batu ginjal.
  7. Buah yang mempunyai bentuk yang khas ini juga merupakan salah satu buah tersehat di dunia. Strawberry mengandung banyak vitamin C, mangan, folat dan potasium yang membuatnya penuh dengan nutrisi. Selain itu, strawberry juga mengandung kadar gula yang rendah jika dibandingkan dengan buah-buah sejenis lainnya sehingga aman bagi kadar gula darah dalam tubuh. Strawberry juga ampuh untuk mencegah bahaya munculnya kanker dan tumor. Untuk mendapatkan buah ini, Anda biasanya harus mengunjungi supermarket terdekat karena strawberry tergolong buah musiman jadi tidak selalu tersedia di pasaran.
  8. Buah yang mempunyai bentuk yang unik ini mungkin bukan favorit setiap orang, tapi seperti julukannya yakni raja dari segala buah, durian mengandung banyak sekali nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari vitamin C, mangan, vitamin B, folat hingga magnesium. Durian juga mengandung banyak zat antioksidan yang berguna untuk menjaga metabolisme tubuh. Ada banyak varian durian yang bisa Anda temukan di pasar baik yang impor maupun yang lokal dan harganya pun cukup terjangkau. Anda tinggal memilih mana yang cocok dengan selera Anda.
  9. Buah yang berukuran cukup besar ini kaya akan mineral dan merupakan salah satu buah yang paling populer dan juga yang paling banyak mengandung nutrisi. Semangka kaya akan vitamin A dan vitamin C serta zat antioksidan yang berguna untuk mencegah bahaya timbulnya kanker, mengurangi kadar kolesterol serta tekanan darah yang terlalu tinggi. Semangka juga adalah buah yang paling banyak mengandung air dengan komposisi mencapai 92% sehingga buah ini cepat membuat Anda kenyang saat dikonsumsi.
  10. Buah yang satu ini juga mempunyai bentuk dan warna yang khas sehingga Anda tidak mungkin salah mengenali pisang. Pisang mengandung banyak sekali vitamin dan mineral serta memberikan manfaat yang baik bagi tubuh secara keseluruhan. Pisang kaya akan potasium namun yang membuatnya berbeda dari kebanyakan buah adalah kadar karbohidrat di dalamnya. Selain itu karena teksturnya yang padat, mengkonsumsi pisang akan membuat Anda cepat merasa kenyang dan cocok untuk memberikan Anda energi. Pisang juga mengandung pektin yang bisa mengendalikan tingkat gula darah dan melancarkan pencernaan.

BACA JUGA: Fakta Unik dan Menarik Tentang Mimpi

Nah, itu dia 10 buah tersehat di dunia yang mengandung banyak sekali nutrisi yang berguna bagi tubuh. Satu hal terbaik dari buah-buahan adalah, Anda jarang atau hampir tidak pernah mendapatkan efek samping dari konsumsinya bahkan bila dikonsumsi setiap hari. Kebanyakan dari buah yang kita bahas di atas juga dijual dengan harga yang terjangkau dan mudah ditemukan di manapun sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengkonsumsi buah. Gaya hidup sehat tidak hanya ditentukan oleh asupan gizi yang cukup, namun juga makanan pelengkap yang bisa mendukung gizi yang sudah diterima oleh tubuh Anda. Buah merupakan makanan pelengkap yang ideal untuk diet Anda. Jadi, pilihlah buah yang Anda suka dan jadikan konsumsi buah setelah makan menjadi kebiasaan sejak sekarang agar Anda terhindar dari risiko berbagai macam penyakit.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *