10 Olahraga Murah Meriah

Image result for catur

Olahraga adalah aktivitas yang menyenangkan. Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, olahraga juga bisa memberikan kita kesenangan saat melakukannya. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa kita lakukan tapi tidak semuanya mudah untuk dilakukan. Selain tingkat kesulitannya, beberapa jenis olahraga juga membutuhkan peralatan-peralatan yang harus dibeli dengan harga yang tidak murah. Akibatnya, olahraga menjadi mahal dan cenderung tidak efektif. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang beberapa olahraga murah meriah yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk melakukannya. Beberapa di antaranya bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali. Apa saja olahraga tersebut? Mari kita mulai.

BACA JUGA: 10 Tanaman Terbaik Untuk Taman Anda

  1. Olahraga murah meriah pertama yang bisa Anda lakukan secara rutin adalah jogging. Jogging sebenarnya merupakan variasi dari olahraga lari tapi dilakukan dengan intensitas yang lebih rendah. Untuk melakukan jogging, Anda biasanya hanya perlu sepasang sepatu berlari yang nyaman. Jogging cocok dilakukan di pagi hari sebelum Anda beraktivitas atau pada sore hari saat cuaca paling nyaman. Hindari jogging pada siang hari yang terik. Selain itu, tentukan rute jogging Anda sebelum mulai agar Anda tidak berhenti di tengah jalan. Sebaiknya pilih rute yang minim kendaraan dan mempunyai jalanan yang rata sehingga Anda akan aman saat melakukan jogging. Lakukan jogging secara rutin setiap hari untuk mendapat manfaat maksimal bagi tubuh Anda seperti jantung yang lebih sehat dan metabolisme tubuh yang semakin lancar.
  2. Latihan cardio. Latihan cardio adalah segala jenis latihan yang bisa Anda lakukan untuk melatih otot-otot tubuh. Olahraga ini dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan matras untuk melakukan latihan-latihan cardio. Beberapa latihan cardio yang populer dan layak Anda masukkan dalam daftar latihan termasuk push-up, sit-up, lompat tali dan aerobik. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum Anda memulai latihan. Lakukan latihan secara rutin setiap hari untuk mendapat manfaat maksimal. Biasanya, satu sesi latihan bisa berlangsung sekitar 1 jam. Jika merasa masih kurang, Anda bisa menambah satu sesi lagi di waktu yang berbeda untuk menambah beban latihan. Latihan cardio cocok dilakukan pada pagi dan sore hari.
  3. Apabila Anda mempunyai sepeda yang tidak terpakai di rumah, mungkin Anda bisa menggunakannya untuk berolahraga. Bersepeda adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Dengan sepeda, Anda bisa melatih otot-otot kaki dan paha dan meningkatkan stamina tubuh. Sepeda juga bisa memberikan Anda keuntungan lebih dibanding jogging, yakni menempuh jarak yang lebih jauh. Waktu bersepeda yang paling baik adalah di pagi hari, saat belum banyak kendaraan berseliweran di jalan. Selalu pastikan sepeda Anda dalam kondisi terbaik sebelum digunakan dan selalu gunakan helm pengaman demi faktor keselamatan. Selain itu, rute yang Anda pilih juga sangat penting. Sebisa mungkin hindari rute-rute jalan raya dan pilihlah rute yang lebih sepi kendaraan. Jalan yang halus dan mulus juga akan membuat proses bersepeda menjadi lebih menyenangkan.
  4. Olahraga tidak selalu harus berkeringat. Ada beberapa jenis olahraga yang tidak mengharuskan Anda mengeluarkan keringat. Salah satu olahraga tersebut adalah yoga. Meskipun sering disebut sebagai olahraga untuk wanita dan ibu hamil, belakangan yoga juga menarik minat kaum pria. Yoga sebenarnya merupakan olahraga yang dikombinasikan dengan meditasi. Gerakan-gerakan pada yoga tidak terlalu kompleks namun tetap membutuhkan kelenturan dan fleksibilitas otot. Namun, yang paling penting saat melakukan yoga adalah tingkat konsentrasi. Karena disertai meditasi, manfaat yoga bagi tubuh Anda mungkin tidak akan dirasakan secara langsung. Tapi seiring berjalannya waktu dan dengan semakin banyaknya latihan yang Anda lakukan. Perlahan-lahan tubuh Anda akan merasakan manfaat dari semua meditasi itu. Gunakan musik untuk membantu Anda mencapai tingkat konsentrasi yang diperlukan untuk melakukan yoga.
  5. Satu lagi olahraga yang tidak mengharuskan Anda untuk berkeringat bahkan bergerak. Catur lebih merupakan olahraga otak yang menyenangkan. Meskipun bisa dibilang merupakan permainan, faktanya catur dipertandingkan sebagai cabang olahraga di banyak turnamen olahraga di dunia. Untuk bermain catur, Anda akan membutuhkan partner bermain untuk dijadikan lawan. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi dan bermain melawan komputer. Catur adalah olahraga yang menyenangkan selama Anda mengerti aturannya. Ada banyak sekali aturan dalam olahraga catur yang mungkin membingungkan bagi mereka yang baru mencobanya. Anda pasti butuh waktu beberapa lama sebelum benar-benar bisa menguasai permainan ini. Namun, catur tetap merupakan salah satu olahraga murah meriah yang bisa Anda pertimbangkan.
  6. Dari yang santai, saatnya kita beralih ke olahraga yang agak ekstrim. Ya, parkour juga merupakan olahraga murah meriah yang bisa Anda pertimbangkan saat akan berolahraga. Olahraga ini termasuk baru muncul dan diinstigasi oleh generasi anak muda zaman sekarang yang kreatif. Parkour dikembangkan dari latihan halang rintang ala militer dan menuntut agilitas dan fleksibilitas tubuh Anda sekaligus stamina untuk melakukan banyak gerakan kompleks seperti salto, handstand dan backflip. Parkour membutuhkan banyak latihan dan saat melakukannya, Anda disarankan menggunakan alat pengaman seperti helm untuk mengurangi risiko cedera yang sangat tinggi. Parkour bisa dilakukan sendiri, tapi jauh lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman yang mempunyai hobi dan minat yang sama.
  7. Sebagai salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia, badminton sudah lama mendapat tempat di hati banyak praktisi olahraga di negara ini. Badminton juga termasuk olahraga yang murah meriah karena Anda hanya butuh sepasang raket dan 1 buah kok serta lawan tanding untuk dapat memainkan olahraga yang satu ini. Badminton dapat dimainkan di lapangan outdoor maupun indoor. Bermain di lapangan indoor lebih menyenangkan karena Anda tidak akan diganggu oleh angin yang mungkin saja merubah arah pukulan Anda. Bermain di dalam ruangan juga akan menjamin kok Anda tidak akan hilang di atas atap rumah atau jatuh ke dalam saluran air. Di manapun Anda memainkan badminton, olahraga ini tetap memberikan banyak kesenangan bagi pemainnya dan merupakan olahraga murah meriah yang paling populer di Indonesia.

BACA JUGA: 8 Destinasi Wisata Luar Negeri Tanpa Visa

Itu dia beberapa olahraga murah meriah yang layak Anda pertimbangkan jika ingin memulai gaya hidup sehat namun tetap ingin menghemat isi kantong. Pada dasarnya, latihan apapun yang Anda lakukan akan memberikan manfaat positif bagi tubuh selama Anda melakukannya dengan hasrat dan minat yang cukup. Satu lagi, Anda harus melakukan latihan tersebut secara rutin dan terus menerus untuk mendapatkan hasil maksimal. Biasanya, latihan baru akan mulai menunjukkan hasil setelah beberapa bulan. Jadi, jangan malas dan lakukan semua latihan dengan senang hati. Menyenangi apa yang Anda lakukan adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Itu juga berlaku untuk olahraga yang murah meriah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *