10 Pantai Terbaik Di Indonesia

Image result for raja ampat papua

Siapapun suka pergi ke pantai. Ada sesuatu yang menyenangkan tentang pantai yang bisa mengeluarkan sisi anak-anak dari orang dewasa yang paling serius sekalipun. Meskipun Bumi terdiri dari lebih banyak perairan, faktanya perairan tersebut didominasi oleh lautan yang luas dan seolah tanpa batas. Sebagai hasil pergeseran kerak bumi selama jutaan tahun, maka kita mengenal geografi dunia seperti yang kita kenal sekarang dan bisa dibilang, hanya beberapa wilayah di dunia yang dikaruniai pantai-pantai terindah di dunia karena lokasinya.

Baca juga: 10 Buah Tersehat Di Dunia Untuk Anda

Negara-negara seperti Maldives, Thailand dan negara-negara di Samudra Pasifik terbersit di pikiran bila kita berbicara tentang negara dengan pantai-pantai terindah di dunia. Tapi, sebenarnya tidak perlu mencari terlalu jauh di peta dunia untuk menemukan pantai terbaik untuk liburan. Ya, negeri tercinta kita Indonesia adalah negara kepulauan yang didominasi oleh perairan. Karenanya, sangat wajar jika negara kita ini mempunyai banyak sekali pantai yang indah. Perbedaannya hanya pada publikasi yang masih kurang. Jika selama ini orang hanya mengenal Bali sebagai tempat dengan pantai-pantai terbaik di Indonesia, sudah saatnya hal itu berubah karena faktanya, masih banyak sekali pantai-pantai selain yang ada di Bali. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa pantai terbaik yang ada di Indonesia yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara. Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri jika hanya ingin mengunjungi pantai yang indah. Semua ada di sini, di negara kita sendiri.

  1. Pantai Nihiwatu, Sumba, Nusa Tenggara Timur. CNN menempatkan pantai ini pada peringkat 17 daftar pantai terbaik di dunia. Ini menggambarkan betapa indahnya pantai yang satu ini. Dengan lokasi yang tersembunyi di balik sebuah hutan, pantai sepanjang 2,5 kilometer ini layak disebut sebagai surga yang belum tersentuh oleh orang banyak.
  2. Pantai Pink, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Satu lagi pantai terbaik persembahan dari daerah Nusa Tenggara Timur, pantai ini dinamakan sesuai dengan air yang berwarna pink yang unik dan berbeda dari yang lain. Warna pink ini sebenarnya muncul karena gradasi warna dari pasir putih dan pasir merah yang ada di bawah air. Dengan warna yang unik dan cerah, Pantai Pink merupakan lokasi yang cocok bagi pasangan yang sedang berbulan madu karena memberikan kesan romantis.
  3. Pulau Weh, Aceh. Berada di titik paling barat dari Tanah Air, pulau yang satu ini juga sering disebut Sabang, merujuk pada lagu Dari Sabang Sampai Merauke. Pulau kecil ini mempunyai 3 pantai yang sangat indah yakni Anoi Itam, Gapang, dan Iboih. Anda yang suka travelling jelas harus memasukkan Pulau Weh dalam daftar destinasi liburan Anda. Dijamin Anda tidak akan kecewa.
  4. Raja Ampat, Papua Barat. Keindahan Raja Ampat telah kesohor hingga level dunia bahkan akhir-akhir ini daya tariknya mengalahkan Bali sebagai destinasi utama wisata pantai Indonesia. Banyak orang yang penasaran dengan pantai yang berada di titik paling timur Indonesia ini. Jika Anda adalah salah satunya, maka segera rencanakan perjalanan Anda ke Papua dan nikmati indahnya karunia Tuhan.
  5. Pantai Suluban, Bali. Pantai yang satu ini merupakan surga bagi para surfer dari seluruh dunia karena memiliki ombak yang cukup besar sehingga menantang untuk ditaklukkan. Akses menuju pantai ini juga bukan merupakan jalur yang nyaman. Meskipun begitu, Anda akan menemukan pemandangan yang sepadan saat sudah mencapai bibir pantai. Ada banyak goa-goa dengan bentuk yang mengagumkan di sekitar pantai dan ini jelas memberikan kesan yang berbeda dari pantai-pantai lainnya yang pernah Anda kunjungi. Jika surfing bukan minat Anda, maka bersantailah di salah satu restoran yang ada di sepanjang jalur menuju pantai dan nikmati pemandangan ombak indah yang mengagumkan dari ketinggian.
  6. Pulau Derawan, Kalimantan Timur. Terletak di bagian timur Kalimantan, pulau ini memiliki berbagai macam flora dan fauna laut yang langka di dunia dan harus ada dalam destinasi wisata Anda saat berkunjung ke Kalimantan. Kapan lagi Anda bisa berenang bersama dengan ubur-ubur yang tidak beracun dan kura-kura hijau terbesar yang ada di dunia?
  7. Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Jika pernah menyaksikan film Laskar Pelangi, Anda pasti tahu tentang pulau ini. Ya, ini adalah pulau yang sama yang dijadikan sebagai lokasi shooting film keluaran tahun 2008 itu. Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai yang paling terkenal dari Pulau Belitung dan pesonanya bahkan sudah sampai ke mancanegara dengan turis mancanegara yang semakin banyak berkunjung ke sini.
  8. Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jika Anda sedang berkunjung ke Bali, tidak ada salahnya untuk melanjutkan perjalanan Anda ke Pulau Lombok. Di sini, Anda akan menemukan pantai-pantai yang tidak kalah indah dengan yang ada di Bali dengan pasir putih dan air yang jernih dan biru. Perjalanan dari Bali ke Lombok dapat ditempuh dengan menggunakan kapal karena Pulau Lombok terpisah oleh lautan dengan Pulau Bali.
  9. Pantai Padang-Padang, Bali. Pantai ini menjadi terkenal sejak dijadikan lokasi shooting film Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Robert. Para wisatawan berbondong-bondong mengunjungi pantai ini untuk menikmati hamparan pasir putih dan gulungan ombak biru yang indah. Karena fenomena itu, pantai ini tidak seeksklusif sebelumnya namun masih sangat layak untuk dikunjungi. Anda pun bisa menyaksikan kompetisi surfing yang sering digelar di pantai ini.
  10. Pantai Pandawa. Satu lagi pantai terbaik yang ada di Bali. Pantai Pandawa sering disebut sebagai Secret Beach oleh para wisatawan asing karena letaknya yang cukup terpencil dan sulit diakses. Namun, perjuangan yang Anda lakukan untuk mencapai pantai ini tidak akan sia-sia karena Pantai Pandawa memiliki pasir yang sangat putih dan air laut yang sangat jernih. Di sini, Anda bisa menikmati banyak olahraga pantai seperti kano dan paralayang. Parade budaya Hindu – Buddha juga dilangsungkan secara berkala di sini.

BACA JUGA: Fakta Unik dan Menarik Tentang Mimpi

Itu dia beberapa pantai terbaik yang bisa Anda temukan di Indonesia. Daftar ini mungkin saja akan bertambah dalam beberapa tahun ke depan mengingat masih banyak sekali pantai yang masih belum terjamah dan terekspos oleh publik. Meskipun menciptakan dilema karena kita ingin agar keindahan pantai-pantai tersebut tetap terjaga, namun suatu saat dunia akhirnya harus tahu tentang kekayaan maritim yang dimiliki Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, kita sudah seharusnya mempromosikan wisata pantai Nusantara tidak hanya keluar negeri, tapi juga ke sesama warga negara Indonesia lainnya. Faktanya, masih banyak orang Indonesia yang tidak pernah mendengar tentang pantai-pantai yang tersembunyi di atas, apalagi mengunjunginya. Jika orang Indonesianya saja tidak tahu tentang objek wisata negaranya, bagaimana kita mau mempromosikan Indonesia sebagai tujuan wisata favorit dunia bukan?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *