10 Tanaman Terbaik Untuk Taman Anda

Image result for pohon palem

Siapapun punya rumah idaman masing-masing. Apa saja yang menjadi kriteria rumah idaman? Pada umumnya, pilihan cat warna rumah, tata letak ruangan dan desain furniture menjadi beberapa hal yang paling diperhatikan orang saat mendesain tampilan terbaik bagi rumah mereka. Namun, banyak pula orang yang lupa bahwa ada satu lagi bagian rumah yang sudah selayaknya dipercantik juga agar bisa mengangkat penampilan rumah Anda secara keseluruhan ke tingkat yang lebih tinggi. Bagian rumah yang dimaksud yakni taman atau pekarangan rumah. Tidak semua rumah mempunyai pekarangan atau taman, namun biasanya setiap rumah pasti menanam minimal satu jenis tanaman entah itu menggunakan pot atau berupa tanaman hias yang bisa diletakkan di dalam rumah. Banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan saat menanam tanaman di rumah Anda, antara lain:

  1. Sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Tanaman melepaskan oksigen dari waktu ke waktu ke area di sekelilingnya sehingga akan membuat udara di rumah Anda terasa segar dan asri. Satu hal yang harus Anda ingat, pada malam hari tanaman justru memproduksi karbondioksida yang bisa beracun bagi manusia sehingga Anda disarankan untuk mengeluarkan tanaman dari rumah pada malam hari.
  2. Memberikan variasi pada tampilan rumah. Jika rumah Anda hanya terdiri dari tembok dan beton saja, tentu akan tampak sedikit monoton. Sedikit sentuhan tanaman pada rumah Anda akan memberikan kesegaran tidak hanya dari sisi udara namun juga dari sisi penampilan.
  3. Memberikan hobi baru. Ada beberapa orang yang mendapatkan kesenangan tersendiri saat menanam tanaman dan merapikan taman di rumah mereka. Jika Anda termasuk salah satu orang tersebut, berarti Anda mempunyai hobi baru yang bisa Anda lakukan di waktu senggang.

BACA JUGA: 10 Olahraga Murah Meriah

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara Anda mempercantik taman itu sendiri agar tidak terlalu membosankan? Tentu saja dengan menanam tanaman-tanaman terbaik di dalamnya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa tanaman yang bisa Anda tanam untuk mempercantik taman dan juga rumah Anda. Mari kita mulai.

  1. Pohon Palem. Tanaman ini adalah jenis tanaman yang paling umum dijumpai di pekarangan-pekarangan dan taman-taman rumah orang Indonesia karena ideal untuk suhu tropis seperti Indonesia. Tanaman yang satu ini juga dianggap membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Namun lebih dari yang lain, pohon palem selalu memberikan kesan asri dan sejuk pada rumah Anda. Tanaman yang satu ini juga tidak membutuhkan perawatan yang terlalu sulit setelah tumbuh besar. Anda hanya perlu menyiramnya setiap hari dan memangkas daunnya jika sudah terlalu besar. Pohon palem tidak akan tumbuh terlalu besar sehingga Anda tidak usah khawatir ruang di taman Anda akan habis. Pohon palem juga bisa tumbuh dengan baik di dalam pot.
  2. Bunga Melati. Bunga khas Indonesia yang satu ini sangat cocok ditanam di pekarangan rumah Anda karena selain tidak membuang tempat karena berukuran kecil, bunga melati juga mempunyai aroma yang sangat wangi saat berbunga. Jika Anda tidak mempunyai cukup lahan di taman Anda, gunakan pot untuk menanam melati dan Anda dapat menggantungnya di dinding rumah. Bunga melati sangat cepat tumbuh dan jika dirawat dengan baik, Anda bisa mendapatkan banyak bunga sekali panen. Taman Anda akan terasa jauh lebih segar dengan tanaman melati di dalamnya.
  3. Pohon Mangga. Satu lagi tanaman yang populer di pekarangan rumah masyarakat Indonesia. Pohon mangga jika dibudidayakan dengan benar dan tepat dapat menghasilkan pohon yang rindang sekaligus buah yang manis. Banyak masyarakat Indonesia yang menanam pohon ini karena ingin mendapatkan buahnya yang manis. Proses penanaman pohon mangga biasanya dimulai dari bibit buah mangga dan media berupa pot besar atau gundukan tanah yang memadai sebelum dipindahkan ke taman. Pohon mangga bisa menambah nilai estetika sebuah rumah karena batangnya yang kokoh serta daunnya yang rimbun.
  4. Pohon Kamboja. Ingin punya taman dengan sedikit sentuhan Bali di dalamnya? Maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menanam pohon Kamboja di taman rumah Anda. Dengan tinggi pohon yang bisa mencapai 5 meter, pohon Kamboja merupakan pelengkap yang pas bagi rumah dengan desain tradisional.
  5. Bunga Kembang Sepatu. Tanaman yang satu ini sangat bervariasi dari sisi warna karena datang dalam warna-warna cerah seperti merah, putih dan kuning. Berkat bunganya yang berwarna cerah, halaman rumah Anda dijamin akan terlihat lebih segar dan cantik. Bunga kembang sepatu juga merupakan salah satu tanaman paling populer di pekarangan orang-orang Indonesia karena mudah ditanam dan mudah dibudidayakan. Bunga kembang sepatu juga banyak memberikan manfaat bagi tubuh seperti memperlancar peredaran darah dan mencegah tekanan darah tinggi.
  6. Pohon Pinus. Tanaman yang satu ini secara sekilas tampak mirip dengan palem, walaupun sebenarnya berbeda satu sama lain. Pohon pinus bisa tumbuh jauh lebih tinggi dari pohon palem dan bentuk batang dan daunnya pun cukup berbeda dari palem. Perawatan untuk pohon pinus sama mudahnya dengan pohon palem, yakni cukup dirapikan secara berkala setelah beberapa lama.
  7. Tanaman Lidah Buaya. Tanaman yang sering disebut aloe vera ini merupakan tanaman yang mempunyai banyak khasiat bagi tubuh Anda, khususnya bagi Anda yang senang bersolek karena aloe vera lama dikenal sebagai tanaman yang bagus untuk kecantikan. Karena siklus tumbuhnya cukup cepat, Anda harus rutin memangkas daunnya saat sudah cukup panjang sebelum daun yang kering jatuh ke dalam taman Anda. Menanam tanaman ini juga relatif cukup mudah. Anda bisa memotong tunas-tunas pada batang dan langsung menanamnya di dalam tanah. Tanaman lidah buaya akan tumbuh dengan sendirinya jika disiram setiap hari.
  8. Tanaman Pandan. Tanaman berikutnya yang bisa ditanam untuk mempercantik taman adalah tanaman pandan. Selain berfungsi untuk mempercantik halaman rumah Anda, pandan juga berfungsi untuk mengusir serangga dari rumah Anda dengan aroma daunnya yang khas. Lebih dari itu, Anda juga bisa menggunakan daun pandan yang tumbuh di taman Anda untuk kebutuhan masak memasak di dapur. Konsumsi daun pandan dapat membuat Anda aman dari bahaya penyakit seperti kolesterol atau tekanan darah tinggi.

BACA JUGA: 8 Destinasi Wisata Luar Negeri Tanpa Visa

Nah, itu dia beberapa tanaman yang bisa Anda tanam di pekarangan atau taman Anda untuk mempercantik tampilan rumah secara keseluruhan. Tentunya jumlah dan jenis tanaman yang Anda tanam harus disesuaikan dengan ukuran taman itu sendiri. Jangan menanam terlalu banyak tanaman sehingga tidak ada lahan yang tersisa. Sebaliknya, jangan biarkan terlalu banyak lahan kosong yang menganggur di taman Anda. Pastikan jumlah tanaman yang Anda tanam proporsional dengan luas taman. Selain itu, sesuaikan pula corak warna tanaman yang Anda tanam dengan tema warna rumah agar keduanya saling melengkapi sehingga rumah Anda pun akan terlihat semakin cantik. Selamat mencoba!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *