Manicure, Perawatan Kuku yang Sudah Dikenal Sejak Lama

Manicure bukan hal baru bagi wanita. Jenis perawatan tangan ini memusatkan kerjanya pada kuku. Berasal dari kata manus dan cura yang diambil dari bahasa latin, yang berarti tangan dan peduli perawatan. Manicure nanti akan meliputi pembentukan kuku, mengobati kutikula, pelembab tangan dan pewarnaan kuku.

Biasanya, wanita enggan untuk repot melakukan manicure. Pergi ke salon perawatan atau salon kecantikan dan membayar jasa orang adalah cara praktis manicure. Selain itu kita juga bisa  menikmati waktu santai sembari proses manicure dilakukan. Well, sebenarnya manicure punya banyak manfaat selain memberi kesan indah pada tangan.

Manicure bisa meredam rasa lelah yang kamu rasakan. Stress akibat bekerja seharian juga bisa hilang lho. Santai dan rileks bisa kamu dapatkan setelah melakukan proses manicure. Untuk kamu yang ingin me time, bisa coba lakukan sendiri manicure di rumah. Peralatan serta prosedurnya cukup sederhana dan mudah dilakukan kok.

Namun sebelum ke peralatan dan prosedur manicure di rumah, kamu perlu tahu beberapa jenis manicure yang bisa kamu pilih. Umumnya kita mengenal dua jenis manicure, yaitu French manicure dan American manicure. Nah, yang membedakan keduanya adalah French manicure memiliki ujung putih pada kuku, sedangkan American manicure tidak. Perbedaan kedua, American manicure memakai lotion khusus untuk melembabkan tangan dan French manicure tidak.

Untuk jenis lain dari manicure yang bisa kamu coba adalah hot stone manicure yaitu aka nada tahap saat tanganmu diletakkan di atas batu panas, spa manicure yaitu ada tahap tanganmu dimasker, dan luxurious manicure saat tanganmu akan begitu dimanjakan. Ketiganya membutuhkan waktu lebih lama untuk pengerjaan. Coba saja nanti, jika kamu memiliki waktuluang lebih. Lalu, bagaimana dengan proses manicure sederhana yang bisa dilakukan di rumah?

Pertama, siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan, yaitu:
1. Handuk kering
2. Baskom dengan ukuran sedang
3. Minyak zaitun, lemon, serta garam. Bisa juga ditambah minyak essensial atau
aromatherapy

4. Lotion tangan
5. Alat manicure, yaitu gunting kutikula, gunting kuku, tweezer (untuk mencabut bulu di
sekitar jari), alat kikit, sabun cair, cat kuku, base coat, dan aseton.

Selanjutnya, langkah-langkah manicure yang bisa kamu lakukan:
1. Pastikan kuku sudah bersih tanpa menggunakan cat kuku
2. Gosok kuku dengan irisan lemon selama 5-10 menit
3. Rendam tangan di baskom yang berisi air hangat. Tambahkan sedikit garam, sabun cair,
potongan lemon, dan minyak zaitun. Rendam 15-20 menit.
4. Lap tangan dengan handuk bersih
5. Gunting kuku hingga rapi
6. Rendam tangan pada air dingin, keringkan dan gunakan lotion yang biasa kamu pakai
7. Lapisi kuku dengan base coat. Tunggu hingga kering dan oleskan cat kuku.

Nikmati setiap prosesnya. Kamu tak perlu susah payah mencari toko yang jual perawatan tangan lain, jika kuku sudah bersih dan rajin kamu rawat. Selamat mencoba!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *