6 Makanan yang Mampu Menjaga Kesehatan Kulit

Image result for alpukat

Kulit merupakan bagian tubuh luar yang dapat dilihat oleh orang lain. Tentunya kesehatan kulit menjadi hal penting bagi semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Kulit sehat tidak hanya membuat Anda merasa percaya diri karena bagian dari sebuah penampilan, tetapi juga sebagai tolok ukur orang lain dalam menilai seberapa peduli Anda menjaga kesehatan. Nyatanya menjaga kesehatan kulit tidaklah sulit. Anda hanya perlu rajin dan tekun melakukan beberapa rutinitas perawatan. Hal terpenting yang memberikan dampak besar terhadap kesehatan kulit adalah apa yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Makanan menjadi sumber nutrisi bagi kulit Anda. Sehingga, dapat dikatakan apa yang Anda makan menjadi cerminan bagaimana Anda menjaga kesehatan kulit. Kulit membutuhkan asupan makanan yang cukup begizi agar kebutuhannya terpenuhi. Kekurangan nutrisi akan memberikan beberapa masalah kesehatan pada kulit. Tidak hanya mencukupi kebutuhan kulit, makanan yang tepat mampu menjaga metabolisme tubuh sehingga tubuh akan terhindar dari beragam virus penyebab penyakit yang salah satunya menyebabkan penyakit kulit menular. Lantas, apa saja bahan makanan yang dapat membantu Anda menjaga kebutuhan nutrisi kulit? Berikut akan dijelaskan beragam bahan makanan yang disarankan untuk Anda konsumsi demi kesehatan kulit Anda.

  1. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki lemak nabati yang baik bagi tubuh. Lemak tersebut tidak membuat Anda gemuk melainkan mampu memenuhi kebutuhan energi. Lemak yang terkandung pada alpukat berdampak baik bagi kesehatankulit  Anda, salah satunya yaitu menjaga flesibilitas kulit. Kulit yang kencang dan berisi tentu menjadi dambaan semua orang. Jika Anda menginginkannya, maka alpukat bisa menjadi salah satu daftar bahan makanan yang dapat di masukkan pada menu Anda.

BACA JUGA: Makanan Pencegah Kanker

Studi lanjutan mengatakan bahwa kandungan alpukat ternyata mampu membuat sejenis tameng sebagai proteksi tubuh terhadap bahanya sinar matahari, terutama sinar UV. Sinar UV jika mengenai kulit akan merusak jaringan pada kulit dan berdampak pada masalah penuaan dini. Salah satu gejalanya yaitu keriput. Kandungan penting lainnya yang dimiliki oleh alpukat yaitu vitamin E. Vitamin ini mampu membentuk anti oksidan yang mencegah adanya kerusakan jaringan akibat oksidasi. Selain vitamin E, nyatanya alpukat masih memiliki kandungan vitamin C. Fungsi vitamin C tersebut yaitu membantu tubuh membentuk kolagen pada kulit. Dengan adanya kolagen, maka kulit Anda akan kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Anda bisa mengonsumsi alpukat dengan cara yang sangat mudah. Memakannya secara langsung adalah pilihan terbaik. Tapi jika Anda ingin mengkreasikan dan mengombinasikannya dengan beberapa makanan tertentu sangat diperbolehkan. Asalkan jangan menambahkan gula atau pemanis buatan lainnya. Hal ini bisa menimbulkan diabetes jika berlebihan dalam penggunannya. Porsi normal yang cukup memenuhi kebutuhan harian Anda yaitu 100 gram alpukat atau sekitar setengah buah alpukat.

  1. Brokoli

Sayuran hijau satu ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin dan mineralnya sangat berguna dalam membentuk proteksi khusus agar kulit terhindar dari serangan penyakit. Kandungan tersebut anatara lain zink, vitamin A dan vitamin C. Selain itu, brokoli juga mengandung lutein yang berkerja layaknya beta karotin, yaitu mencegah kulit dari keriput dan masalah kulit kering. Kandungan terpenting yang luar biasa bagi menjaga kesehatan kulit yaitu adanya zat sulforapan. Tahukah Anda fungsi zat tersebut? Zat ini memiliki sifat anti kanker. Sehingga sangat berguna untuk mencegah kulit dari penyakit kanker kulit. Selain itu zat ini juga berfungsi dalam mencegah adanya radiasi dan paparan sinar UV.

BACA JUGA: 6 Fakta Penting Tentang Fimosis pada Balita yang Perlu Anda Ketahui

Anda dapat mengonsumsinya dengan cara merebusnya sebentar saja. Selain itu mengkreasikannya sebagai bahan sup juga baik untuk dicoba. Tetapi disarankan untuk tidak menggorengnya karena dikhawatirkan kandungan pada brokoli dapat rusak akibat pemanasan yang terlalu lama. Kreasikan menu Anda agar tidak membosankan.

  1. Tomat

Bahan makanan selanjutnya yang dapat Anda andalkan yaitu tomat. Buah yang murah dan mudah Anda temui di sekitar ini ternyata sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Kandungan terbesar pada tomat yaitu vitamin C. Vitamin ini memiliki fungsi untuk membentuk kolagen agar kulit Anda kencang dan sehat. Tomat juga mengandung betakarotin yang cukup untuk mencegah adanya kerusakan jaringan kulit akibat sinar UV. Tomat juga dikenal memiliki banyak kandungan karotin. Untuk dapat menyerap karotin, tubuh membutuhkan beberapa lemak baik sebagai kombinasinya. Maka Anda bisa menambahkan alpukat atau minyak sayur pada saat mengonsumsinya, misalnya saat Anda membuat salad.

  1. Cokelat Pekat

Siapa yang tak suka mengonsumsi cokelat? Selain meningkatkan mood Anda, ternyata cokelat juga dapat menjaga kesehatan kulit. Studi membuktikan bahwa mengonsumsi bubuk cokelat murni ternyata mampu meningkatkan anti oksidan pada tubuh terutama kulit dan menutrisi kulit sehingga kulit tidak kering. Selain itu, cokelat juga telah terbukti membantu membentuk proteksi untuk kulit terhadap radiasi sinar UV. Hasil studi menunjukkan adanya perbedaan ketahanan kulit orang yang mengonsumsi cokelat dengan yang tidak terhadap radiasi sinar UV. Tentu dalam mengonsumsinya Anda boleh menambahkan gula beberapa sendok untuk mengurangi rasa pahit dari bubuk cokelat murni. Disarankan untuk mengonsumsi cokelat tersebut dengan takaran 70% dan sisanya adalah campuran gula dan air.

  1. Teh Hijau

Bahan selanjutnya yang bisa Anda konsumsi dalam menjaga kesehatan kulit yaitu teh hijau. Teh hijau mencegah kulit dari penuaan dini. Kandungan terbesar yang mampu membantu kulit Anda tetap sehat yaitu adanya katekin. Katekin berfungsi melindungi kulit dari beragam masalah yang diakibat oleh virus, bakteri, atau patogen penyebab penyakit lainnya. selain itu teh hijau juga memiliki sifat anti oksidan yang fungsinya seperti pada umumnya, mencegah kulit menjadi kering. Saat mengonsumsi teh, dianjurkan untuk tidak mencampurnya dengan susu. Beberapa studi menjelaskan bahwa susu dapat mengurangi adanya kandungan anti oksidan pada teh tersebut. Ada bisa menyeduhnya dengan menambahkan sejumput gula saja. Hal ini juga mencegah adanya masalah diabetes akibat kelebihan gula pada tubuh.

  1. Kedelai

Bahan makanan terakhir yang bisa Anda andalkan yaitu kedelai. Kedelai memiliki kemampuan membantu kulit Anda lebih fleksibel, cerah, dan segar. Selain itu kedelai juga meningkatkan pembentukan kolagen pada tubuh Anda. Hal ini juga membantu Anda untuk memiliki kulit yang berisi dan tidak kusam. Anda bisa mengonsumsi kedelai secara rutin dengan cara membuatnya menjadi minuman sari kedelai atau mencampurkannya sebagai tambahan bahan makanan. Studi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi  kedelai secara rutin selama 12-14 hari, memiliki perbedaan kulit dengan yang tidak mengonsumsi kedelai.

Menjaga kesehatan kulit ternyata mudah. Bahkan makanan yang dapat membantu Anda dalam melindungi kulit juga dapat ditemukan di sekitar Anda dengan harga yang murah. Selain memperhatikan asupan makanan, jangan lupa untuk melakukan konsultasi kepada dokter kulit Anda untuk mendapatkan perawatan kulit yang sehat dan sesuai harapan.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *