7 Kuliner Paling Laris Di Jogja, Wajib Kamu Coba!

 

 

Di Jogja ada banyak sekali kuliner yang menggiurkan. Mulai dari yang ringan hingga makanan yang berat. Sehingga tak heran jika kota ini selalu ramai wisatawan yang tidak hanya ingin berwisata, tetapi juga menikmati kuliner asli kota tersebut. Untuk lebih jelasnya, yuk kita lihat apa saja sih kuliner paling laris di Jogja saat ini.

  1. Gudeg

Image result for gudeg

Siapa yang tak kenal Gudeg? Gudeg sudah menjadi simbol kuliner di kota Jogja. Jadi wajar saja jika makanan khas dari Jogja ini menjadi yang teratas dalam pencarian. Jika berkunjung ke Jogja tak akan lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan Gudeg ini. Bagi Anda yang berkunjung ke Jogja tentu saja bisa mencicipi makanan khas ini dengan cara langsung datang ke sentra gudeg itu sendiri yaitu di Widjilan. Salah satu makanan yang sangat difavoritkan di sana adalah Gudeg Yu Djum.

Makanan khas tersebut memang enak dan terasa manis namun tak ketinggalan pula rasa gurihnya. Makanan ini pun kini bisa dijumpai di beberapa kota yang tersebar di Jawa sehingga tak perlu repot-repot ke Jogja jika ingin menikmati Gudeg. Namun tetap saja makan Gudeg di Jogja tetap akan memberikan kepuasan tersendiri karena cita rasanya yang membuat terkesan.

Baca juga: 6 Laptop Gaming Paling Hits, Pecinta Game Online Harus Punya!

  1. Bakpia Pathuk

Image result for bakpia jawa

Jajanan khas Jogja yang tak kalah larisnya yaitu Bakpia Pathuk. Siapapun yang berkunjung ke Jogja pasti tak akan lupa untuk membeli jajanan ini untuk dijadikan oleh-oleh. Bakpia yang berasal dari Jogja memang memiliki ciri khas tersendiri yang tidak sama dengan bakpia-bakpia lainnya. Mulai dari ukuran bakpia sampai dengan variannya hingga rasa bakpia itu sendiri tentu saja berbeda dan sudah menjadi khas dari Bakpia Pathuk asal Jogja.

Sekarang ini varian rasa dari bakpia khas Jogja semakin berkembang. Yang awalnya hanya ada kacang hijau atau coklat kini makin bervariasi misalnya seperti rasa red velvet, green tea, taro, dan lain sebagainya. Kemasan bakpia juga dibuat sangat bagus dan desain yang lebih modern sehingga Bakpia Pathuk kini siap dipasarkan ke berbagai seluruh penjuru. Tempat penjualan Bakpia Pathuk kini juga makin berkembang mengikuti zaman sehingga membuat pengunjungnya menjadi betah.

  1. Sate Klathak Imogiri

Image result for sate klathak imogiri

Untuk makanan khas Jogja yang satu ini belum tentu bisa ditemukan di kota-kota lain. Jadi bila ingin menyantap makanan ini maka Anda perlu berkunjung ke Jogja. Namun beberapa wisatawan bahkan rela datang dari jauh dan berkunjung ke Jogja demi menyantap makanan ini. Sate Klathak yang dianggap paling enak dengan cita rasanya tersendiri yaitu Sate Klathak di Imogiri.

Baca juga: 5 Cara Hemat Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak, Pasti Berhasil

Sate Klathak sebenarnya merupakan sate kambing yang diolah hanya dengan bumbu dapur garam dan sedikit ketumbar. Tusuk sate menggunakan jeruji besi roda sepeda karena besi mampu menghantar panas sehingga bagian dalam daging yang dibakar bisa matang dengan sempurna. Penyajian makanan ini biasanya disertai dengan kuah gulai dan potongan cabe rawit. Jika tidak suka kuah gulai maka pengunjung bisa menggantinya dengan kecap dan merica. Bagi pengunjung Jogja tentu saja makanan ini wajib dicoba.

  1. Bakmie Jawa

Image result for bakmi jawa

Ada pula kuliner sebagai hasil dari akulturasi antara pedagang Tionghoa dengan Jawa hingga menghasilkan makanan khas dengan keunikan dan cita rasa tersendiri. Makanan Bakmie Jawa yang unik ini sebenarnya merupakan olahan dari bakmie rebus yang dimasak dengan menggunakan racikan bumbu-bumbu khas makanan Jawa.

Bakmie rebus juga sering disebut dengan nama bakmie godhog. Biasanya yang sering dijumpai adalah bakmi godhog yang direbus dengan kuah. Namun Bakmie Jawa ini disajikan dalam bentuk mie goreng yang pengolahannya dilakukan dengan menggunakan racikan bumbu yang hampir sama dengan bakmie godhog tetapi penyajiannya itu dalam keadaan kering. Bakmie Jawa khas Jogja biasanya dimasak di atas tungku tanah liat atau anglo dan menggunakan bahan bakar arang. Makanan ini juga disajikan dengan penambahan daging ayam kampung yang disuwir serta telur bebek dalam masakannya.

  1. Mangut Lele

Image result for mangut lele

Masih ada lagi makanan istimewa khas Jogja yang juga menjadi incaran dari para wisatawan kebanyakan. Makanan bernama Mangut Lele memang hampir sama dengan Gudeg yaitu penuh dnegan kesederhanaan namun memiliki rasa yang istimewa. Banyak orang yang rela belusukan demi mendapatkan kuliner Mangut Lele ini. Makanan ini dimasak bersama santan dan dengan cara ditusuk bambu serta dibakar.

Makanan yang sangat diminati baik oleh warga Jogja maupun oleh wisatawan ini termasuk makanan sehat karena penyajiannya disertai dengan sayuran yang kaya akan serat seperti misalnya daun papaya, bayam, keccambah, kemangi, serta daun kecipir. Lele juga tidak berbau amis karena sebelum dimasak tentunya sudah diberi garam terlebih dahulu. Aromanya saja begitu legendaries dan menggiurkan apalagi rasa dari mangut Lele itu sendiri bisa membuat siapapun menjadi ketagihan.

  1. Sego Kucing Angkringan

Image result for sego kucing

Jogja memang identik dengan kesederhanaan. Tidak hanya gaya hidup masyarakat Jogja saja tapi kesederhanaan ini terbawa hingga ke dalam berbagai jenis masakan khas yang bisa membawa ketentraman bagi penikmatnya. Sebut saja salah satunya adalah Sego Kucing Angkringan khas Jogja. Nasi khas ini dijual dengan porsi secukupnya dan tentu saja harganya sangat ramah di kantong.

Biasanya di tempat angkringan juga turut dijual berbagai lauk lain misalnya seperti sate jeroan, ati empela, sate telur puyuh, dan masih banyak lagi. Jadi pengunjung bisa memilih lauk yang ingin dimakan bersama dengan nasi. Namun bila pengunjung tidak ingin menambah lauk juga tidak apa-apa sebab dalam tiap bungkusan nasi sudah disertai dengan lauk dan sambal tentunya dengan porsi yang secukupnya. Sesuai dengan namanya yang unik yaitu Sego Kucing Angkringan maka sudah pasti ukurannya pun dibuat dengan takaran seporsi saja. Bila masih kurang Anda bisa makan lebih dari satu nasi.

  1. Soto Sapi Pak Ngadiran

Image result for soto sapi pak ngadiran

Kuliner khas Jogja terakhir yang akan dibahas adalah Soto Sapi Pak Ngadiran. Lokasi soto ini memang terkesan terpencil yaitu di dusun Karanggayam. Namun banyak orang yang berdatangan ke sana hanya demi menikmati soto yang memiliki cita rasa khas ini. Makanan yang satu ini memiliki kuah bening. Penyajian satu porsi soto biasanya dicampur dengan irisan daging sapi, irisan kubis, daun seledri, serta bawang goreng. Rasa makanan ini sangatlah enak dan segar. Kuahnya yang berwarna kuning mengandung rasa kaldu sapi yang begitu kuat dan gurih. Selain itu sambal yang ada di sana juga berbeda dengan sambal lainnya. Sambal di warung Pak Ngadiran tidak hanya pedas tetapi juga mengandung rasa gurih sehingga sambal ini semakin melengkapi soto dan membuat rasanya menjadi semakin mantap.

Itulah beberapa kuliner paling laris di Jogja yang banyak dicari para wisatawan. Jika berkunjung ke Jogja jangan lupa menikmati berbagai macam kuliner yang telah disebutkan di atas. Makanan khas Jogja memang enak dan memberikan kesan tersendiri bagi penikmatnya. Karena itu rasanya sangat sayang jika harus dilewatkan begitu saja.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *