9 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Image result for bawang goreng

Membahas tentang manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh tentu sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Selain bawang merah ini sangat dibutuhkan sebagai bahan baku bumbu dapur, ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan ada sebagian orang yang memanfaatkan manfaat kesehatan dari bawang merah ini dengan menggorengnya sehingga menjadi makanan lauk bawang goreng. Memang hal tersebut akan lebih disukai oleh kebanyakan orang, namun justru dengan memakan bawang merah yang masih mentahlah kita bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan dari bawang merah.

Nah, berikut ini akan dibahas apa saja manfaat kesehatan yang bisa di dapat dengan memakan bawang merah dalam kondisi masih mentah atau masih segar, diantaranya :

Mengatasi sembelit

Salah satu cara untuk mengatasi masalah sembelit adalah dengan mengkonsumsi bawang merah mentah dalam keadaan segar. Percaya atau tidak, sebab salah satu manfaat dari bawang merah adalah dapat membantu tubuh dalam proses mengeluarkan racun pada tubuh. Sehingga ketika anda mengalami sembelit jangan terburu-buru untuk mencari obat ke apotek, lebih baik anda mencoba memakan bawang merah dalam keadaan mentah. Selain anda mendapat kesembuhan, anda pun juga ikut menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal.

BACA JUGA: Makanan Pencegah Kanker

Mencegah terjadinya kanker

Penyakit kanker memang merupakan salah satu penyakit yang tergolong berbahaya bagi kesehatan tubuh, sebab penyakit kanker ini dapat menyebabkan kematian pada diri seseorang. Oleh sebab itu banyak penelitian yang berusaha menemukan obat alternatif mencegah dan mengobati kanker. Maka beberapa ahli kemudian mengemukakan bahwa kandungan senyawa belerang dan senyawa aktif yang terdapat di dalam bawang merah mampu mencegah terjadinya kanker. Selain itu kandungan senyawa sulfur yang juga terdapat di dalam bawang merah juga dapat melindungi tubuh dari beberapa penyakit kanker, seperti kanker lambung, paru-paru, prostat dan payudara.

Menyehatkan jantung

Salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung biasanya di picu oleh kolesterol jahat yang menumpuk pada saluran darah atau urat nadi. terdapat kandungan sulfida dan asam amino yang ada pada bawang merah tersebut, itu bisa menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Nah, maka dengan memperbanyak mengkonsumsi bawang merah secara otomatis juga akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi normal. Selain itu peredaran dalam tubuh juga akan lancar, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Oleh sebab itulah mengapa biasanya pedagang sate menaburi irisan bawang merah mentah pada hidangan sate bakarnya. Hal tersebut sebenarnya sangat relevan, sebab dalam hidangan sate mengandung kolesterol jahat dan zat besi yang sangat tinggi, maka dari itu dengan memberi irisan bawang merah tersebut akan membantu untuk menetralisir kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Mengontrol diabetes

Penyakit diabetes akhir-akhir ini menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang, sebab penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Adapun penyebab penyakit ini adalah kurang nya kadar insulin dalam tubuh. Nah, sedangkan kandungan yang terdapat pada bawang merah ini sangat berfungsi untuk membantu meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Oleh karena itu bagi penderita penyakit diabetes dapat memperbanyak mengkonsumsi irisan bawang merah dalam keadaan mentah sebagai salah satu pensuport produksi insulin tubuh serta untuk tetap menjaga kesehatan tubuh penderita diabetes.

BACA JUGA: Makanan Pendamping ASI yang Tepat Bagi Bayi

Masalah pendarahan

manfaat bawang merah berikutnya adalah dapat mengatasi masalah pendarahan, seperti pendarahan pada hidung atau mimisen. Apakah bisa disembuhkan dengan bawang merah ? tentu bisa, caranya cukup mudah yakni irisan bawang merah di taruh di dekat hidung dan di hirup baunya bawang merah tersebut, maka secara perlahan darah yang keluar dari hidung atau mimisen pada hidung akan berhenti. Adapun selain dapat mengobati mimisen, bawang merah ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit wazir atau hemoroid.

Mengobati radang tenggorokan

Selain kandungan dari bawang merah yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti mencegah terjadinya kanker, memperlancar peredaran darah dalam tubuh, menyegarkan bau mulut, ternyata juga dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Biasanya penyakit radang tenggorokan ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti karena cuaca yang ekstrem saat pergantian musim, terlalu banyak memakan gorengan yang berminyak dan meminum es yang berlebihan. Untuk itu, bagi anda yang mengalami penyakit radang tenggorokan dapat memakan irisan bawang merah mentah sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan radang tenggorokan tersebut.

Menurunkan berat badan

Bagi sebagian orang yang kebetulan sedang mengalami gangguan berat badan, mengkonsumsi bawang merah mentah dapat menjadi solusi bagi anda untuk membantu menurunkan kandungan lemak di dalam tubuh. hal ini bisa terjadi sebab, dalam bawang merah memiliki kandungan kromium yang berguna untuk melarutkan lemak tebal di dalam tubuh sehingga berat badan anda akan berkurang. Biasanya terapi diet penurunan berat badan dilakukan dengan mengkonsumsi 3-4 siung bawang merah dalam sehari.

Mengobati masuk angin pada anak

Penyakit masuk angin memang tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, melainkan anak-anak juga bisa mengalami masuk angin. Biasanya ketika seseorang sedang terkena penyakit masuk angin, maka orang tersebut akan di keroki dengan uang logam sebagai cara untuk meredakan penyakit masuk angin tersebut. Nah, hal ini tentu tidak bisa dilakukan kepada anak-anak. Sebab mereka masih memiliki kulit yang rentan bisa terkelupas jika di keroki dengan uang logam.

Oleh sebab itu cara menyembuhkan anak-anak yang mengalami masuk angin dapat menggunakan irisan bawang merah yang di belah menjadi dua bagian. Kemudian irisan tersebut di campur dengan olesan minyak kayu putih atau minyak goreng lalu di kerokan pada punggung anak sebagaimana kerokan dengan menggunakan uang logam. Kandungan kehangatan yang dimiliki oleh bawang merah tersebut tentunya akan  mampu untuk menghangatkan tubuh dan kemudian juga akan dapat menyembuhkan masuk angin pada anak.

Mengobati gangguan urin

Jika pada saat sedang melakukan buang air kecil lalu kemudian merasakan sedikit panas atau terasa sedikit terbakar pada bagian kemaluan, maka hal itu tentunya akan dapat di atasi dengan cara mengkonsumsi bawang merah. Tidak perlu repot dan ribet, bawang merah cukup direbus dengan air kemudian ambil air rebusan tadi biarkan hingga dingin kemudian diminum. Hal tersebut dapat membantu meringankan rasa panas pada kemaluan saat buang air kecil.

Demikian beberapa manfaat bawang merah yang bisa di dapatkan dari kandungan yang dimiliknya. Akan tetapi yang perlu menjadi catatan ketika hendak mengambil manfaat dari kandungan bawang merah, juga harus diperhatikan pula kualitas bawang merah yang akan dikonsumsi agar memperoleh manfaat untuk mengatasi berbagai masalah penyakit tadi. Namun, aturan pola makan juga perlu diperhatikan, agar tidak mengkonsumsi makanan bawang merah mentah secara berkepanjangan. Sebab rasa pahit yang ditimbulkan oleh bawang merah juga akan terasa petar atau hambar di lidah. Sebaiknya ketika hendak mengkonsumsi bawang merah mentah dalam rangka untuk diambil manfaatnya usahakan secukupnya saja. Sebab mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebih juga tidak akan baik bagi kesehatan tubuh.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *