Beragam Cara Efektif Mengatasi Masalah Jerawat

 

Image result for mengatasi jerawat

Dari fluktuasi hormonal hingga masalah genetika, jerawat dapat disebabkan oleh sejumlah faktor yang berbeda, dan tidak diragukan merupakan salah satu kondisi kulit yang paling ditakuti, terutama pada remaja.  Meskipun Anda mungkin menemukan banyak krim dan produk kosmetik yang mengklaim dapat membantu jerawat menghilang dalam beberapa minggu, tidak semuanya akan berfungsi.

Tidak mengherankan mengingat bahwa masalah yang berakar di dalam tubuh sedang dirawat dengan menggunakan krim topikal. Ada beberapa alasan bagi mereka yang sering berjerawat, tetapi di sini ada beberapa tips dan trik sederhana yang dapat membantu Anda mengurangi munculnya jerawat yang dapat membuat Anda malu pada pertemuan sosial. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut  cara terbaik dalam mengatasi dan membersihkan jerawat

1.      Rehidrasi

Memacu asupan air Anda adalah salah satu cara alami terbaik untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Air, secara umum, cenderung mendetoksifikasi tubuh dan membantu menyingkirkan semua racun yang mungkin telah menyebabkan jerawat. Terlebih lagi, para peneliti telah menemukan bagaimana peningkatan asupan air juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan kulit, yang dengan demikian meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit. Pastikan Anda mendapatkan 7-8 gelas air sehari, atau jumlah cairan yang sama dalam berbagai bentuk seperti jus dan sup.

Baca juga: Mudah Mengantuk Saat Bekerja? Atasi Dengan 10 Hal Berikut Ini

2.       Wortel

Dikenal karena kandungan beta karoten dan seratnya, wortel menjadi salah satu alternatif rumahan yang efektif bagi semua yang menderita wabah jerawat. Wortel juga kaya vitamin A, yang membantu menjaga lapisan pelindung luar kulit yang sehat, dan mengurangi produksi sebum, yang dengan demikian membantu mencegah erupsi jerawat. Yang terbaik dari semuanya, wortel sangat serbaguna. Anda dapat menambahkannya ke hampir semua persiapan makanan.

3.      Pengelupasan

Akumulasi kotoran dan kotoran di pori-pori kulit juga menyebabkan jerawat dan jerawat, itulah sebabnya pengelupasan kulit adalah rutinitas lain yang diperlukan, terutama jika Anda adalah seseorang yang berada di luar ruangan untuk waktu yang lama di siang hari. Menggunakan pengelupas alami yang lembut akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan menjaga kesehatannya, dan juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran dan debu yang mungkin menyumbat pori-pori.

Baca juga: Jenis Pijat dan Cara Mudah Mengatasi Masalah Stress Dalam Kehidupan

4.      Kunyit

Kunyit adalah pokok dalam semua persiapan makanan dan dikenal karena warna kuningnya yang khas. Kunyit adalah agen antibakteri yang luar biasa juga. Kunyit juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai kurkumin, yang dipercaya dapat membantu mengurangi radang jaringan dan kemerahan pada kulit yang rawan jerawat. Menambahkan lebih banyak dari ini ke dalam olahan makanan Anda dapat membantu mengurangi munculnya jerawat yang memburuk.

Baca juga: Jenis Pijat dan Cara Mudah Mengatasi Masalah Stress Dalam Kehidupan

5.      Olahraga

Olahraga tidak hanya untuk menjaga aktivitas fisik Anda yang sedang-sedang dianggap membantu mencegah tekanan darah tinggi, obesitas, dan bahkan mengekang stres, yang menjadikannya sebagai obat alami bagi mereka yang menderita jerawat terkait stres. Berolahraga juga dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membantu detoksifikasi tubuh, itulah sebabnya mengapa Anda harus memakai celana trek dan pergi keluar untuk joging cepat sesering mungkin.

6.      Masalah gula

Dari kondisi seperti obesitas hingga glukosa darah tinggi, gula putih, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari makanan kita saat ini, telah disalahkan karena berbagai kondisi kesehatan, termasuk jerawat. Gula diyakini menjadi penyebab besar di balik jerawat tiba-tiba karena mengganggu aktivitas insulin yang menyebabkan hormon Anda menjadi rusak, dan menyebabkan jerawat. Alih-alih sebatang cokelat itu, tempelkan gula alami seperti yang berasal dari buah-buahan segar.

7.      Cukupi Kebutuhan Tidur

Beberapa studi telah mengkonfirmasi bahwa kurang tidur menyebabkan peningkatan tingkat stres, yang pada gilirannya, menyebabkan jerawat berjangkit. Risiko stres psikologis diperkirakan meningkat sebesar 14% untuk setiap jam tidur yang Anda kehilangan, yang merupakan hal yang memprihatinkan. Pastikan Anda mendapatkan 8 jam kecantikan tidur setiap hari untuk mengisi ulang dan tetap sehat.

8.      Gunakan Produk Ber-SPF

Jangan biarkan cuaca berawan membodohi Anda, sinar UV matahari masih berhasil menembus awan dan menciptakan kerusakan pada kulit Anda. Matahari juga cenderung mengeringkan kulit, yang bisa memperburuk peradangan dan memperburuk jerawat dan lesi kulit. Jadi, pastikan Anda mengoleskan tabir surya setiap hari sebelum Anda melangkah ke matahari.

9.      Membersihkan Wajah

Salah satu cara terbaik untuk menangani jerawat yang disebabkan karena akumulasi kotoran dan polutan pada kulit adalah membersihkan wajah Anda sering tidak lebih dari dua kali sehari. Jangan terlalu sering karena ini akan mengikis minyak alami di wajah yang menyebabkan kekeringan. Dari riasan tebal hingga pencemaran lingkungan, banyak zat terakumulasi di pori-pori kulit dan menjadi tempat berkembang biak bagi jerawat; jadi pastikan Anda menggunakan pembersih noncomedogenic untuk mencuci wajah Anda secara menyeluruh setidaknya dua kali sehari.

10. Kekuatan Omega 3

Cara lain yang bagus untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan asam lemak omega 3 untuk keuntungan Anda. ‘Lemak baik’ ini dianggap membantu mengendalikan produksi molekul yang meningkatkan produksi sebum, yang menyebabkan peradangan jerawat. Menambahkan lebih banyak makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti avocadoes , biji rami , salmon , dan walnut ke dalam diet Anda dapat membantu membersihkan jerawat.

11.  Menggunakan Madu

Madu dipercayai semenjak dahulu sebagai salah satu obat multifungsi ini bisa mnyembuhkan banyak masalah terutama masalah wajah yang berjerawat. Cara penggunaannya sangatlah mudah anda hanya perlu mengolesi wajah yang berjerawat secara rutin. Dimana madu akan membersihkan pori-pori wajah, mengatasi jerawat yang meradang dan menyamarkan noda hitam. Ini bisa menjadi salah satu perawatan yang serbaguna dalam rangkaian perawatan wajah harian.

12.  Menggunakan Lemon dan Susu

Mungkin tidak banyak yang mengetahui keajaiban dari kombinasi pemakaian susu bubuk dengan lemon. Air perasan lemon kaya akan antioksidan dan vitamin C ini sangat bagus jika dijadikan masker menggunakan campuran susu bubuk. Caranya mudah, dimana masker ini nantinya tidak hanya menangani masalah jerawat namun juga membantu dalam mencerahkan wajah dan menyamarkan noda hitam. Bersihkan wajah dan ambil 2 sendok the susu bubuk kemudian teteskan perasan lemon hingga membentuk adonan pasta. Oleskan adonan tersebut ke wajah yang mengalami maslaah jerawat. Tunggu hingga kering dan bilas dengan air bersih.

13.  Tomat

Percayalah dengan mengoleskan temat ke jerawat yang sedang meradang akan membantu mengecilkan dan mengeringkan jerawat tersebut. Jadi lakukan terapi ini jika mengalami jerawat yang membandel dan meradang. Oleskan di seluruh wajah tunggu hingga mengering dan bilas hingga bersih.

Demikianlah 13 cara mengatasi jerawat yang dijamin bisa membantu dalam mengatasi masalah jerawat yang malanda kulit wajah Anda. Jika memang menderita alergi tertentu maka sebaiknya jangan langsung menggunakan bahan-bahan di atas, namun coba dulu oleskan ke bagian tangan jika terasa gatal, kemerahan atau tanda alergi lainnya jangan lanjutkan penggunaannya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *