Cuci Muka Pakai Sabun Mandi, Apa yang Terjadi?

Pada dasarnya memang sabun punya tugas untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Tapi jangan sembarangan. Ingat, untuk memilih sabun badan saja kita harus selektif dan tak asal pilih, apalagi memilih hanya karena harga bersaing. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli sabun badan. Nah, hal ini pun berlaku untuk pemilihan sabun wajah.

Apakah kamu masih terbiasa memakai sabun tubuh untuk cuci muka? Jika iya, hentikan kebiasaan ini mulai sekarang. Beberapa wanita masih sering melakukannya, entah karena kepepet, sabun muka habis, atau sabun wajah ketinggalan. Alasan apapun sulit diterima dalam kasus ini, karena jika diteruskan kamu justru akan merusak kulit wajahmu sendiri.

Wajah dan badan punya sensitivitas yang berbeda, jadi untuk membersihkannya pun tidak boleh memakai sabun yang sama. Meski sabun badan dan wajah berbahan sama, tapi keduanya punya signifitas yang berbeda. Kadar keasaman keduanya pun berbeda. pH di kulit wajah berkisar antara 4,0 – 5,5 yang sedikit lebih rendah daripada pH kulit tubuh.

Sabun mandi yang banyak dijual di pasaran sebenarnya adalah detergent, dan bahan yang digunakan adalah Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Bahan ini berfungsi sebagai agen pembersih. Nah, sifatnya yang membersihkan ini membuat lemak yang menjaga kulit tubuh ikut larut, sehingga kulit jadi kering dan mengakibatkan iritasi. Simak deh, beberapa alasan kenapa kamu dianjurkan untuk tidak memakai sabun badan sebagai sabun wajah.

1. Sel kulit rusak. Senyawa kimia yang ada di sabun mandi terlalu keras untuk kulit wajah yang lebih sensitif. Hasilnya, sel kulit jadi rusak deh.

2. Kulit kering. Seperti yang sudah disinggung di atas, lapisan kelembapan kulit akan hilang, dan kulit wajah akan jadi lebih kering dan kasar.

3. Kulit rentan berjerawat. Menghilangkan jerawat cukup memakan waktu, jadi jangan undang jerawat mampir secara suka rela. Pemakaian sabun mandi sebagai sabun wajah bisa mengurangi kapasitas kulit melawan bakteri dan mikroba, jadi jerawat akan lebih mungkin muncul

4. Pori-pori tersumbat. Asam lemak yang dikandung oleh sabun mandi bisa menumpuk di kulitmu. Pori-pori akan lebih mudah tersumbat dan memicu berbagai masalah kulit.

5. Kulit tak sehat dan tak bercahaya. Bakteri dan mikroba akan lebih mudah menyerang kesehatan kulitmu. Selain itu, sabun mandi juga bisa membuat kulit kehilangan vitamin esensial yang mengakibatkan kulit kusam dan terlihat tidak sehat. Lebih malu kan?

Sudah banyak toko-toko yang jual sabun mandi berbagai merk. Sabun wajah dengan beragam merk dan kegunaan pun bisa ditemui dengan mudah. Jadi, jangan sekali-sekali coba mencuci wajah dengan sabun mandi ya. Apalagi demi alasan hemat. Duh, yang ada justru cari masalah!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *