Fakta Unik dan Menarik Tentang Mimpi

Image result for sleep dream

Mimpi. Ya, siapa yang tidak tahu tentang fenomena yang satu ini. Setiap akan tidur, kita selalu berharap untuk mendapatkan mimpi yang indah. Siapapun pernah mengalami mimpi saat tidur. Bahkan bayi yang baru lahir pun disebut-sebut sudah bisa bermimpi dalam tidurnya. Mereka yang mengaku tidak pernah bermimpi sesungguhnya hanya lupa akan mimpi yang baru saja mereka alami.

Baca juga: 10 Buah Tersehat Di Dunia Untuk Anda

Fenomena mimpi memang cukup unik. Sampai sekarang, tidak ada yang benar-benar bisa menjelaskan mengapa manusia mengalami mimpi dalam tidurnya atau apa sebenarnya mimpi itu. Sebenarnya, itu hanya satu hal unik yang bisa dijelaskan tentang mimpi. Berikut ini kita akan membahas beberapa fakta unik dan menarik tentang mimpi yang mungkin sudah atau belum pernah Anda dengar. Mari kita mulai.

 

  1. 12% mimpi yang dialami orang-orang berlatar hitam putih. Entah ini ada hubungannya dengan alat-alat elektronik terutama televisi atau tidak, namun angka ini semakin lama semakin berkurang seiring dengan semakin banyaknya warna yang dilihat manusia zaman sekarang dalam satu hari.
  2. Orang buta ternyata tetap bisa melihat dalam mimpi mereka. Walaupun tidak bisa melihat dan mungkin tidak tahu bagaimana dunia itu sebenarnya, orang buta mempunyai kelebihan pada indra-indra lain yang lebih tajam. Hal-hal yang dirasakan oleh indra-indra inilah yang diproyeksikan seseorang yang buta di dalam mimpinya.
  3. Anda hanya bisa bermimpi tentang seseorang yang Anda kenal atau pernah jumpai dalam kehidupan nyata. Fakta ini agak sulit untuk dibuktikan karena tidak ada yang tahu pasti berapa banyak wajah yang bisa Anda lihat dalam sehari. Pasti jumlahnya bisa mencapai ratusan.
  4. Rata-rata 5 menit setelah bangun tidur, Anda akan melupakan 50% dari mimpi yang baru saja Anda alami. Ini erat kaitannya dengan fase Rapid Eye Movement (Rapid Eye Movement (REM)) saat Anda tidur. Seperti diketahui, fase Rapid Eye Movement (REM) adalah saat di mana Anda sebenarnya bermimpi dan umumnya, kebanyakan orang akan sadar dari tidurnya setelah melewati fase ini. Jadi, ingatan akan mimpi yang baru saja mereka alami sudah cukup memudar.
  5. Rata-rata dalam hidupnya seseorang menghabiskan 6 tahun dalam mimpi. Angka ini adalah angka rata-rata yang didapatkan dari hasil penelitian. Masing-masing orang mungkin mempunyai data yang berbeda. Bagaimanapun, 6 tahun tetaplah waktu yang cukup lama. Bayangkan mengalami mimpi tersebut secara terus menerus tanpa henti dan kita bisa membuat mini seri dari mimpi tersebut.
  6. Anda bisa mengalami 4 sampai 7 mimpi dalam semalam. Meskipun begitu, Anda mungkin tidak akan ingat setengah darinya. Kebanyakan orang bahkan tidak tahu jika mereka sebenarnya baru saja bermimpi dalam tidur. Tentu saja jumlah mimpi yang Anda alami juga sangat tergantung dari kualitas tidur Anda. Jatuh tertidur karena kelelahan akan membuat tidur Anda kurang nyaman sehingga kemungkinan muncul mimpi pun semakin kecil.
  7. Anda tidak bisa membaca atau melihat jam saat bermimpi. Hal ini sulit untuk dibuktikan karena kebanyakan orang tidak menyadari apa yang sebenarnya terjadi dalam mimpi mereka. Bagaikan film, kita cenderung mengikuti alur cerita yang sudah ada dalam mimpi kita. Pengecualian mungkin bisa diberikan pada mereka yang bisa mengontrol mimpi mereka lewat teknik tertentu.
  8. Kadang-kadang dalam mimpi, Anda bisa melihat kejadian yang akan terjadi pada Anda di masa depan. Ini mungkin adalah salah satu fakta yang tak terbantahkan. Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi seperti ini. Dalam banyak hal, mimpi seperti ini mirip dengan fenomena deja vu. Masalahnya adalah, Anda tidak akan pernah tahu mana yang lebih dulu terjadi. Lebih parahnya lagi, Anda tidak bisa menceritakannya kepada orang lain karena mereka tidak akan mengerti apa yang Anda maksud.
  9. Para pria bisa mengalami sampai 20 kali ereksi saat bermimpi meskipun lagi-lagi kebanyakan pria tidak akan menyadari hal itu. Ini mungkin adalah efek dari hormon testosteron yang dimiliki pria namun angka 20 kali masih cukup membelalakkan mata. Tidak heran, pria bisa mengalami apa yang kita sebut mimpi basah.
  10. Otak kita jauh lebih aktif saat bermimpi dibanding saat sadar. Ini adalah fakta yang cukup unik dan mungkin menjelaskan hubungan antara mimpi dan imajinasi seseorang. Semakin imajinatif seseorang, mungkin semakin berwarna pula mimpi yang dialaminya dan semakin besar pula kemungkinan bagi orang tersebut untuk mengendalikan mimpinya sendiri.
  11. Binatang juga bermimpi dalam tidurnya. Jika tidak percaya, tengoklah gerakan binatang peliharaan Anda saat tidur. Biasanya, anjing atau kucing Anda akan menggerakkan kakinya seakan-akan ingin mencakar atau mengejar dan menangkap sesuatu. Itu adalah tanda jelas bahwa peliharaan Anda sedang bermimpi.
  12. Lebih dari 60% orang tidak ingat mereka sebenarnya mengalami mimpi dalam tidur mereka. Ini karena kebanyakan orang bangun saat mereka sudah melewati fase Rapid Eye Movement (REM), di mana mimpi biasanya berlangsung. Dengan latihan spesifik, Anda bisa saja meningkatkan ingatan Anda akan mimpi yang Anda alami. Bahkan, Anda bisa mengontrol sendiri apa yang akan terjadi di mimpi Anda jika Anda sudah menguasai teknik lucid dream.
  13. Secara umum, mimpi biasanya cenderung lebih negatif dibanding positif. Emosi yang biasa dirasakan saat bermimpi termasuk marah, sedih dan ketakutan. Ini adalah fakta yang cukup mengerikan karena berarti manusia lebih banyak mengalami mimpi buruk daripada mimpi indah.
  14. Sebanyak 70% karakter dalam mimpi seorang pria adalah pria sementara perbandingan jumlah karakter pria dan wanita dalam mimpi seorang wanita adalah sama. Tidak ada penjelasan ilmiah untuk hal ini, tapi fakta yang satu ini hanya memperjelas betapa berbedanya pria dan wanita dalam banyak hal, termasuk mimpi.
  15. Jika bangun pada fase Rapid Eye Movement (REM), Anda akan lebih bisa mengingat mimpi yang baru Anda alami dibanding jika bangun setelahnya. Biasanya ini terjadi saat Anda mengalami mimpi buruk atau ada sesuatu di dunia nyata yang memaksa Anda untuk bangun. Karena baru saja terjadi, otomatis mimpi yang Anda dapatkan akan lebih mudah diingat.
  16. Bayi mulai bermimpi sebagai mereka sendiri mulai 3 sampai 4 tahun. Dengan kata lain, memasuki usia tersebut bayi mulai menjadi bintang utama di filmnya sendiri sementara sebelumnya mereka hanya menjadi penonton dari mimpi-mimpi mereka. Wah, ternyata banyak juga ya fakta-fakta unik yang menarik tentang mimpi. Mungkin sebenarnya mimpi hanyalah fenomena untuk melengkapi tidur malam kita.

Baca JUGA: 10 Pantai Terbaik Di Indonesia

Apapun itu, “bunga tidur” adalah misteri yang masih belum terkuak sepenuhnya, bahkan setelah melalui berbagai riset, penelitian dan survey. Mungkin di masa depan semua manusia akan mampu mengontrol mimpi mereka masing-masing. Namun untuk saat ini, mungkin kita hanya perlu menikmati mimpi yang kita alami karena itu merupakan salah satu bentuk pengalihan bagi kita dari berbagai masalah yang ada di dunia nyata.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *