Jenis Pijat dan Cara Mudah Mengatasi Masalah Stress Dalam Kehidupan

 

 

Siapapun bisa terkena dampak buruk dari stress. Terkadang ada banyak hal yang membuat seseorang stress, masalah pekerjaan, masalah asmara, keluarga dan lainnya. Stress juga merupakan masalah umum yang kerap melanda seseorang dan parahnya terkadang kita tidak sadar bahwa sedang dilanda masalah stress ini. Padahal dampak dari stress lumayan berbahaya untuk kesehatan tubuh. Stres dapat mempengaruhi kesehatan kita dalam bentuk:

  • Insomnia atau hypersomnia
  • Perubahan selera makan
  • Kelelahan
  • Penyalahgunaan narkoba atau alkohol
  • Libido menurun
  • Tidak dapat berfungsi lebih baik di tempat kerja
  • Depresi
  • Menurunkan stamina fisik
  • Migrain
  • Serangan jantung

Berlatih teknik-teknik ini menurunkan efek negatif yang menyebabkan stres dalam tubuh kita. Efek positif dari mempraktekkan teknik-teknik tersebut meliputi:

  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mengurangi detak jantung
  • Mengurangi laju pernapasan
  • Mengurangi aktivitas hormon stres
  • Mengurangi ketegangan otot dan mengurangi rasa sakit kronis
  • Meningkatkan suplai darah ke otot-otot utama
  • Mengangkat suasana hati dan meningkatkan konsentrasi
  • Mengontrol kemarahan dan frustrasi
  • Meningkatkan kepercayaan diri dalam menangani situasi yang merepotkan
  • Mengurangi kelelahan

Teknik Relaksasi Umum adalah:

1.      Pernapasan dalam

Ini adalah metode relaksasi yang sederhana namun kuat dari stres. Ini dapat dikombinasikan dengan metode lain seperti musik, aromaterapi dan yoga. Anda harus mengambil napas dalam-dalam dari perut, sehingga memiliki lebih banyak oksigen dalam udara yang dihirup. Juga, Anda harus berlatih menghirup dari hidung dan menghembuskannya dari mulut. Anda berlatih bernafas dalam posisi duduk atau berbaring.

2.      Relaksasi Autogenik

Dalam metode ini, Anda menggunakan imajinasi visual dan kesadaran tubuh untuk mengatasi stres. Membayangkan tempat yang damai, Anda harus fokus pada relaksasi pernapasan, memperlambat denyut jantung dan menenangkan setiap kelompok otot satu per satu.

3.      Relaksasi Otot Progresif

Metode ini membantu Anda menyadari perbedaan antara ketegangan otot dan relaksasi. Hal ini dilakukan dengan perlahan-lahan menegangkan satu kelompok otot diikuti dengan relaksasi otot, mulai dari jari kaki hingga kepala atau kepala hingga kaki.

4.      Visualisasi

Dalam metode ini, Anda membayangkan gambar yang terkait dengan perjalanan visual membawa Anda ke tempat atau situasi yang damai dan menenangkan. Sambil membayangkan perjalanan visual, sensasi bau, suara, penglihatan, dan sentuhan juga bisa dimasukkan.

5.      Yoga

Yoga membantu menciptakan keseimbangan antara tubuh dan pikiran. Ini berguna dalam mengurangi kecemasan dan mengelola stres. Ini meningkatkan stamina fisik, meningkatkan fleksibilitas, kekuatan dan keseimbangan. Pernapasan dalam juga merupakan bagian dari yoga. Respons relaksasi menjadi lebih kuat dengan latihan yoga yang teratur. Stress relief paling baik dicapai dengan yoga yang melibatkan gerakan lambat dan mantap dengan peregangan lembut dan pernapasan dalam. Satyananda dan Hatha Yoga untuk pemula cocok untuk menghilangkan stres. Itu selalu lebih baik untuk dilatih oleh ahli atau bergabung dengan grup pelatihan yoga.

6.      Tai Chi

Tai chi adalah rangkaian gerakan mengalir yang lambat dan serba diri, non-kompetitif dalam tubuh yang membantu menenangkan pikiran; ini mengurangi stress dan meningkatkan stamina tubuh. Ini berfokus pada pernapasan dalam dan realisasi saat ini. Aman dan dapat dilakukan oleh semua kelompok umur.

7.      Terapi musik dan Seni

Terapi musik menggunakan musik untuk melihat efeknya pada parameter fisiologis seperti detak jantung, pernapasan, tekanan darah, aktivitas otak, respon kulit galvanis, aktivitas hormon dan respon imun. Ini mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan relaksasi. Terapi Seni melibatkan menggambar dan menciptakan seni untuk relaksasi dari stres. Terlibat dalam menciptakan seni pada awalnya menjauhkan pikiran dari stres yang mengganggu Anda. Oleh karena itu, ketika Anda kembali ke jadwal Anda, Anda lebih santai dan dapat berpikir jernih.

8.      Terapi Pijat

Ilmu pengetahuan mengatakan pijat melepaskan hormon yang disebut Serotonin yang memungkinkan tubuh dan pikiran Anda untuk masuk dalam keadaan “merasa baik” jadi pastikan Anda menghilangkan stres pada akhir pekan dengan rambut yang tepat dan terapi tubuh. Jika Anda merasa lelah setelah jam kerja yang panjang di tempat kerja, tetap tenanglah waktunya bagi Anda untuk bersantai dan menghilangkan stres dengan terapi rambut dan tubuh yang sederhana ini.

  • Reflexology: Reflexology juga dikenal sebagai terapi zona yang merupakan aplikasi tekanan ke kaki, tangan, atau telinga. Ini untuk mengirim pesan yang menenangkan dari saraf perifer, yang pada gilirannya menandakan tubuh untuk menyesuaikan tingkat ketegangan yang membawa ketenangan ke sistem saraf pusat. Terapi ini selain menenangkan tubuh juga membantu mengurangi rasa sakit dan stres.
  • Relaxing Hair Spa: Melakukan spa adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres. Karena banyaknya polusi dan debu yang terpapar rambut Anda setiap hari, dapat menyebabkan kerusakan serius. Spa rambut sangat rileks dan salah satu cara yang paling menguntungkan untuk menyuburkan rambut dengan menjaganya tetap lembut dan sehat dalam jangka panjang.
  • Aromaterapi: Salah satu terapi tubuh aromatik holistik yang paling dicari, pijatan ini menggunakan kekuatan minyak esensial murni untuk menenangkan pikiran, tubuh, dan jiwa. Perawatan menggunakan stroke pijat choreographed lembut yang fokus pada sifat restorasi dari minyak esensial bukan aplikasi tekanan fisik, untuk mengurangi stres dan meningkatkan tidur yang baik. Setiap minyak esensial melayani tujuan yang unik, dan campuran yang dikuratori dengan hati-hati digunakan untuk menargetkan area masalah spesifik tubuh. Karena minyak memiliki sifat penyembuhan, kami menyarankannya kepada klien dengan kekhawatiran seperti kemacetan, kejang otot, dll. Ini juga membantu dalam merangsang dan detoksifikasi tubuh.
  • Terapi Lomi-Lomi: Pijatan Hawaii, terapi Lomi Lomi adalah salah satu terapi penghilang stres yang paling baik namun kurang dihargai di India. Ia dikenal karena stroke panjang dan terus menerus dari pijat jaringan dalam, yang dirancang untuk membantu tubuh melepaskan pola dan tingkah lakunya yang lama. Macadamia, kelapa sawit dan minyak kelapa biasanya digunakan sebagai pelembab selama sesi untuk menjaga sapuan halus dan menyehatkan kulit.
  • Pijat Bali: Pijat Bali adalah perawatan jaringan bertekanan tinggi yang menggunakan tekanan telapak tangan, stroke peregangan lembut, akupresur, dan minyak esensial untuk merangsang aliran darah, oksigen, dan “qi” (energi) di dalam tubuh. Dorongan untuk sirkulasi membantu mengurangi stres dan menyeimbangkan tubuh.
  • Pijat Swedia: Terapi tekanan sedang, pijatan Swedia bertujuan untuk membuat seseorang merasa rileks dan puas dengan meningkatkan sirkulasi dan perasaan nyaman secara keseluruhan. Pijat menggunakan berbagai teknik seperti membelai, meluncur, meremas, menggosok, mengetuk dan menumbuk untuk memberikan pijatan klasik untuk menghilangkan otot-otot yang tegang dan mengendurkan area yang ketat di dalam tubuh. Berkisar antara 60 – 90 menit, pijatan meningkatkan kekebalan dengan manipulasi otot di atas struktur tulang.

Nah, demikianlah semua hal tentang mengatasi stress yang bisa anda lakukan. Semoga membantu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *