Kenalan Lagi dengan Sabun Yuk. Sederet Hal Tentang Sabun Ini Pasti Nggak Terpikirkan

Mandi selalu berkaitan dengan sabun. Apa jadinya mandi tanpa sabun. Mungkin sekadar kegiatan membuang waktu saja, karena kotoran pada tubuh tidak terangkat. Meski sejak kecil kita sudah mengenal dan akrab dengan produk kecantikan bernama sabun, nyatanya banyak yang belum kenal jauh dengan sabun lho. Yuk kita mengenal sabun lebih dekat!

Sabun didefinisikan sebagai garam alkali dan rangkaian rantai panjang asam lemak. Reaksi yang digunakan dalam pembuatan sabun disebut saponifikasi. Singkatnya, bahan utama pembuat sabun adalah asal lemak dan alkali. Di awal, alkali yang dipakai adalah sodium hidroksida, dan menghasilkan sabun padat. Namun semakin berkembang, ada alkali lain bernama kalium hidroksida yang digunakan dan menghasilkan sabun cair. Anehnya, sabun dasar sendiri semakin jarang digunakan, dan yang banyak digunakan adalah turunan sabun dasar berupa surfaktan, karena dianggap lebih praktis dalam pengaplikasiannya.

Namun kamu tak perlu khawatir. Sabun yang sudah beredar di pasaran sudah melewati uji kimia sehingga bahan yang digunakan terjamin mutunya. Jika selama ini kita hanya mengenal dua bentuk sabun, ternyata ada banyak bentuk dari sabun yang belum kamu tahu.

1. Sabun batang. Ketenarannya tak perlu diragukan. Sabun ini pun sudah tidak asing, karena sudah banyak di pasaran dan sering kita gunakan.

2. Sabun cair. Ini juga pasti sudah kamu tahu. Beberapa orang cenderung lebih menyukai penggunaan sabun cair, karena tidak aka nada kontak secara langsung dengan tubuh orang lain.

3. Sabun busa atau foam. Wajah jadi bagian yang paling saering dituju oleh pengguna foam.

4. Sabun berbentuk krim atau gel. Sabun bentuk ini biasa dipakai untuk mencuci peralatan dapur. Namun ada juga yang hadir untuk membersihkan wajah.

5. Sabun berbentuk bubuk atau biasa kita sebut detergen. Biasanya, kita memakai sabun ini untuk membersihkan pakaian. Kandungan asam benzene sulfonat jadi bahan dasar pembuat sabun ini.

Setelah bentuknya, kini kamu harus mengenal beberapa jenis sabun. Kita sering tidak sadar akan perbedaan sabun yang ada, padahal sehari-hari kita sudah sering berhubungan dengan sabun yang hadir dalam beraneka bentuk dan jenis
1. Sabun transparan. Si sabun transparan ini cukup ringan, sehingga cocok untuk dipakai semua jenis kulit. Sifatnya yang mudah larut membuat sabun transparan cocok dipakai sehari-hari.

2. Sabun foam. Manfaat sabun satu ini adalah membersihkan wajah dengan sempurna. Hadir dalam kemasan yang fleksibel dan friendly, membuat sabun ini nyaman dibawa sehari-hari.

3.Sabun scrub. Teksturnya cukup kasar, karena ada kandungan scrub di dalamnya. Sel kulit mati akan terangkat sempurna dengan sabun jenis ini. Kulit wajah pun akan semakin cerah setelah pengaplikasiannya. Tapi jangan dipakai terlalu sering, karena kulit wajahmu bisa jadi lebih kering.

Secara umum itulah beberapa jenis dan bentuk sabun. Semuanya pasti pernah kamu jumpai, mengingat banyak sekali yang sudah jual sabun mandi dalam berbagai merk dan jenis. Jangan tergoda apapun saat memilih sabun mandi. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu saja ya!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *