Lakukan 10 Langkah Ini Agar Kesehatan Keluarga Terjaga

Image result for kebersihan

Menjaga kesejatan keluarga adalah masalah yang terdengar sederhana, namun tidak seperti itu kenyataannya.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai bagaimana sebaiknya menjaga kesehatan keluarga yang bagi sebagian orang ini adalah tugas dan tanggung jawab ibu saja. Sebenarnya tidak juga bisa ditarik garis besar seperti itu, karena kesehatan keluarga adalah tanggung jawab bersama dan harus dilakukan seluruh anggota keluarga demi terciptanya lingkungan yang sehat, nyaman dan bebas dari kuman dan penyakit.

Apa pentingnya menjaga kesehatan keluarga?

Tentu saja penting, selain kesehatan keluarga berhubungan langsung dengan kesehatan secara menyeluruh setiap anggota keluarga juga bisa menciptakan lingkungan yang sehat, asri dan bisa mengurangi pemanasan global yang belakangan gencar dikampanyekan oleh kelompok yang memang perduli terhadap kesehatan keluarga dan keadaan dunia secara umum.

BACA JUGA: Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan

Sebut saja serangga, kuman dan bakteri. Ini adalah hal-hal yang akan menjadi perantara penyebab dari sakit atau pun lingkungan yang tidak sehat. Karena lingkungan yang kurang bersih, kurang terawat, kamar mandi yang tidak di bersihkan secara berkala, bahkan kamar tidur yang tidak di sapu atau di bersihkan dapat mengundang berbagai macam penyakit.

Selain menjaga kesehatan keluarga dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, rumah dan kamar mandi, asupan makanan yang bergizi, olah raga dan memilih pakaian yang tepat pun bisa menyebabkan kesehatan keluarga terganggu jika tidak diperhatikan secara cermat.

Kesehatan keluarga yang perlu dijaga mencakup secara keseluruhan seperti kesehatan badan, kesehatan lingkungan rumah, makanan penunjang kesehatan dan kebersihan kamar mandi juga kebersihan tubuh.

Di bawah ini, 10 langkah agar kesehatan keluarga  terjaga, yaitu :

  1. Kebersihan lingkungan

Kebersihan lingkungan yang dimaksud di sini adalah lingkungan sekeliling seperti lingkungan rumah, halaman depan dan halaman belakang rumah juga lingkungan sekitar. Terkadang kita berfikir bahwa ketika rumah sudah bersih dan bebas dari kotor itu sudah cukup. Ternyata tidak, bahwa kebersihan lingkungan sekitar juga menyokong kesehatan keluarga secara langsung.

Karena,kuman tidak hanya berada pada tempat yang dalam jangkauan dekat saja yang bisa menyebabkan kesehatan keluarga terancam. Serangga semacam lalat yang membawa bakteri dari berbagai tempat bisa bermigrasi dan hinggap di mana saja dan menyebabkan kesehatan keluarga terganggu.

BACA JUGA: Kenali Hipertensi dan Olahraga yang Baik Untuk Penderita

  1. Kebersihan kamar tidur

Seringkali kita lalai terhadap kebersihan kamar tidur. Karena merasa tidak banyak aktivitas yang kita lakukan di kamar tidur ini selain sebagai tempat istirahat. Sebaliknya, sebenarnya kamr tidur adalah tempat yang sangat diperhatikan kebersihannya. Karena kamar tidur merupakan tempat beristirahat dan di sanalah semua kesehatan berawal. Bayangkan, jika kamar tidur tempat kita beristirahat saja tidak terjaga kebersihannya, bagaimana kita akan menjaga kebersihan tempat lainnya.

  1. Kamar mandi

Di tempat inilah, keadaan kotor akan menjadi bersih. Tubuh yang lelah akan kembali segar dan otak yang stres akan kembali waras. Setelah mandi, Anda akan kembali merasakan semangat meningkat dan segar yang sangat mendukung mood baik. Namun, coba Anda ingat lagi kapan terakhir kali Anda menyikat kamar mandi, kloset dan tempat sabun?

Sudahkah lantai kamar mandinya Anda bersihkan, sudahkah klosetnya Anda sikat, bagaimana tempat sabun dan tempat samponya. Kesehatan keluarga bisa dimulai dengan membersihkan secara rutin kamar mandi dan elemen yang ada di dalamnya.

  1. Obat

Kenapa obat masuk kedalam kriteria kesehatan keluarga?

Karena tidak diragukan lagi, jika ada salah satu anggota keluarga sebelum membawanya ke dokter, ibu lebih sering memberikan obat sebagai pertolongan pertama. Hal inilah yang harus diperhatikan. Karena kesehatan keluarga sangat penting, ada baiknya ibu menggunakan dan memilih obat-obatan alami yang bisa didapatkan dengan mudah, sebelum menggunakan dan meminumkan obat-obatan yang mengandung bahan kimia tinggi.

Beberapa obat dari bahan alami yang bisa disediakan di rumah dan mudah didapatkan demi menjanga kesehatan keluarga, seperti :

  • Belimbing wuluh

Berfungsi dan sangat baik untuk sakit gigi, sariawan dan batuk

  • Kangkung

Karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, kangkung bisa digunakan untuk mengobati gusi berdarah dan sariawan

  • Lidah buaya

Bahan untuk menjaga kesehatan keluarga yang satu ini lebih dikenal sangat baik untuk melebatkan dan menghitamkan rambut. Tapi, siapa sangka ternyata kidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi sembelit, radang tenggorokan dan jerawat

  • Alpukat

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Selain sedap dikonsumsi, ternyata alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan keluarga. Alpukat berguna untuk menurunkan kolesterol

  • Kunyit

Salah satu bumbu dapur yang satu ini, ternyata tidak hanya berguna untuk menjadikan suatu masakan lezat, juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan keluarga. Kunyit sudah lama dipercaya sangat baik untuk mengobati maag, penawar racun dan meningkatkan produksi ASI.

  1. Bahan pakaian

Kesehatan keluarga yang harus diperhatikan lainnya adalah pemilihan bahan pakaian. Karena jika salah memilih bahan pakaian,terutama untuk si kecil akan berdampak iritasi kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh bahan yang tidak menyerap keringat sehingga menimbulkan biang keringat dan bercak merah pada kulit yang tentu akan membuat si buah hati tidak nyaman.

  1. Sepatu

kesehatan keluarga yang satu ini berhubungan langsung dengan kebutuhan suami/istri, anak-anak dan juga Anda sendiri pastinya. Memilih sepatu yang salah dapat menyebabkan kaki terjangkit bakteri jika keringat pada kaki tidak segera dikeringkan, pemilihan sepatu dan ukuran yang pas di kaki pun menjadi perhatian.

Pemilihan sepatu yang jika digunakan terlalu sempit, akan mengganggu kesehatan keluarga terutama kaki. Karena, salah memilih sepatu yang terlalu sempit di kaki akan merubah struktur tulang kaki secara perlahan.

  1. Asupan makanan

Sebagai ibu, memilih asupan makanan menjadi tanggung jawab tersendiri. Bagaimana trik dan tips memilih makanan dan mengolahnya menjadi makanan yang sehat dan sedap ketika disantap juga sehat dan baik untuk menjaga kesehatan keluarga. Pertimbangkan juga kandungan vitamin, mineral dan komposisi lainnya, apakah sudah memenuhi syarat untuk kebututuhan nutris masi ng-masing anggota keluarga.

  1. Olah raga besama

Setelah menjaga kebersihan, asupan makanan ynag berhubungan dengan gizi, maka sempatkan ajak seluruh anggota keluarga Anda untuk berolah raga. Selain bisa menjaga kesehatan keluarga, olah raga juga baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa.

  1. Waktu tidur

Ini juga, merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh para ibu. Untuk menjaga kesehatan keluarga, waktu tidur seluruh anggota keluarga harus menjadi hal utama juga yang harus di jaga. Karena kebutuhan waktu tidur anak-anak dan remaja ataupun dewasa berbeda.

  1. Stres

Dilarang stres, apapun permasalahan yang terjadi, selalu usahakan agar setiap anggota keluarga menceritakannya dengan anggota keluarga lainnya. Selain ini untuk menjaga kesehatan keluarga, hal ini juga akan mempererat hubungan antar satu anggota keluarga dengan anggota keluarga lainnya.

Lakukan 10 Langkah Ini Agar Kesehatan Keluarga Terjaga. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *