Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan

Image result for KACANG almond

Siapa yang tidak kenal dengan kacang almond yang kaya akan nutrisi-nutrisi bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin E, kalsium, fosfor, besi dan magnesium. Kacang almond ini juga memiliki kandungan selenium, zinc, dan niacin yang memberi nilai plus tersendiri bagi kacang almond ini dibanding kacang biasa lainnya. Adapun asal usul kacang almond ini mula-mula diketahui berasal dari daratan mediterania yang membentang mulai dari pesisir selatan India hingga ke pesisir selatan benua Afrika. Sudah tidak diragukan lagi bahwa kacang yang sudah mendunia ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. nah, mau tau apasaja manfaat yang terdapat dari kacang almond ini? berikut penjelasan nya:

Manfaat kacang almond diantaranya adalah sebagai berikut :

Menjaga kesehatan otak

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama kacang almond merupakan salah satu dari sekian banyak sumber nutrisi yang mampu memberikan asupan nutrisi penting terhadap perkembangan danjuga kesehatan otak manusia. Dimana kacang almond memiliki dua nutrisi penting bagi kesehatan dan perkembangan otak manusia yakni riboflavin dan L-carnitine yang sangat berguna untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan aktifitas otak manusia. Sehingga memperlancar jalur syaraf dan mencegar penyakit alzeimer atau pikun.

Menurut beberapa ahli dalam bidang kesehatan, memang kacang almond ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan otak manusia, salah satu penelitian yang menunjukkan bahwa almond dan minyak almond adalah nutrisi yang paling tepat untuk kesehatan sistem saraf secara keseluruhan.

BACA JUGA: Kenali Hipertensi dan Olahraga yang Baik Untuk Penderita

Mengontrol tingkat kolesterol

Mengkonsumsi kacang almond secara teratur dalam keseharian dapat membantu meningkatkan tingkat HDL dan tingkat LDL. Menjaga keseimbangan kadar kolesterol ini sangat perlu anda perhatikan, mengingat pola makan yang salah juga bisa memicu terjadinya penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh.

Salah satu tanda jika seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi adalah orang tersebut sering merasa kram atau kesemutan di area tertentu, dan terkadang di sertai dengan tingginya tensi darah. Oleh sebab itu mengkonsumsi kacang almond selain rasanya yang enak, juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan tulang

Mengkonsumsi kacang almond ternyata juga memiliki banyak manfaat di antaranya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan yang terdapat di kacang almond seperti vitamin, mineral dan fosfor dan kalsium. Kandungan fosfor ini sangat berguna untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, tulang dan gigi serta dapat mencegah timbulnya penyakit terkait usia dan pola main seusia mu.

BACA JUGA: Lakukan 10 Langkah Ini Agar Kesehatan Keluarga Terjaga

Memperbaiki fungsi pembuluh darah

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh spesialis kesehatan, mengemukakan bahwa kacang almond juga merupakan sumber asam folat yang dapat mengurangi tingkat homocyisteine yang menjadi penyebab utama penumpukan lemak pada pembuluh arteri. Selain itu kandungan kacang almond ini juga dapat mengurangi keberadaan dan dampak protein reaktif yang dapat menyebabkan peradangan yang dapat merusak pembuluh arteri.

BACA JUGA: Lakukan 10 Langkah Ini Agar Kesehatan Keluarga Terjaga

Adapun kandungan flavonoid yang terdapat pada kulit almond memiliki fungsi yang berguna untuk  menggabungkan vitamin E pada dinding arteri, sehingga kerusakan pada dinding arteri dapat di minimalisir oleh kandungan flavonoid tersebut.

Menjaga kekebalan tubuh

Dalam tubuh manusia memiliki banyak komponen-komponen, termasuk salah satunya sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh manusia tersebut sangat dipengaruhi oleh sistem alkalinitas, yang mana sumber untuk mendapatkan nya terdapat di kandungan kacang almond. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi kacang almond, maka kita akan memperoleh sistem kekebalan tubuh yang berasal dari kacang almond.

Menjaga kesehatan jantung

Kacang almond sangat kaya akan kandungan vitamin E dan magnesium, yang mana kedua kandungan tersebut sangat berguna untuk kesehatan jantung. Kandungan vitamin E sendiri adalah antioksidan yang paling efektif untuk mengurangi penyakit jantung. Sedangkan kandungan magnesium pada kacang almond merupakan salah satu khasiat untuk mencegah terjadinya penyakit serangan jantung.

Melindungi dari radikal bebas

Kandungan vitamin E yang dimiliki oleh kacang almond sangat berguna untuk mengatasi dan menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. vitamin E tersebut menjadi salah satu antioksidan yang paling ampuh dan kuat untuk menghilangkan semua radikal bebas yang berbahaya.

Perawatan kulit

Dalam hal kesehatan kulit, kacang almond juga berfungsi sebagai perawatan kesehatan kulit. Selain untuk perawatan kesehatan dan kecantikan kulit, almond juga digunakan untuk minyak pijat yang biasanya dipakai untuk memijat bayi. Adapun bentuk lain dari almond ini adalah sudah dikemas dalam kemasan sabun mandi, hand body dan sebagainya yang manfaatnya sangat berguna untuk memberi corak pada kulit.

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit, anda pun juga bisa menggunakan almond ini unutuk perawatan kesehatan kulit anda. mendapatkan kulit yang sehat dan berseri memang tidak harus mahal, jika ada yang lebih baik maka tidak ada salahnya untuk mencoba.

Anti peradangan

Untuk kandungan asam yang terdapat pada almond ini terdapat dua jenis yakni: asam linoleat dan asam linoleum. Kedua asam tersebut berguna untuk membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. selain itu asam lemak ini juga mampu membantu mengurangi kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Mengatur tekanan darah

Terkadang masalah tekanan darah menjadi hal yang kurang diperhatikan oleh kebanyakan orang, padahal dengan memeriksa tekanan darah secara rutin kita dapat mengetahui tingkat laju kesehatan kita. Nah, bagi anda yang kebetulan tidak memiliki banyak waktu untuk memeriksakan kondisi tekanan darah maka dengan mengkonsumsi kacang almond anda pun sudah dapat menjaga tekanan darah anda.

Kalium yang terdapat pada kacang almond ini juga mampu mengatur tekanan darah seseorang. Selain memiliki kandungan kalium, kacang almond memiliki kandungan sodium yang sangat rendah sehingga mampu mengatur fluktuasi tekanan darah dalam tubuh.

Meningkatkan energi

Dengan adanya kandungan mangan, tembaga serta riboflavin yang terdapat di dalam kacang almond tentunya ini sangat berguna untuk dapat membangkitkan energi serta  meningkatkan metabolisme terdapat di dalam tubuh. Nah, bagi anda yang kebetulan sedang melakukan bepergian jauh, anda pun juga bisa mengkonsumsi kacang almond sebagai pengganti kalor atau lemak.

Pencegah kanker

Dengan mengkonsumsi kacang almond ini berarti anda sudah peduli dengan sistem pencernaan dan terhindar dari resiko terkena kanker usus besar. Sebab almond ini sangat berguna untuk meningkatkan pergerakan makanan pada usus besar, sehingga dapat mencegah terjadinya kanker usus besar. Hal ini sudah pernah masuk dalam daftar penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Center tentang hubungan serat dalam kacang almond yang dapat mengurangi resiko kanker usus besar.

Melindungi dari diabetes

Almond berfungsi untuk mengatur pengolahan dan penyerapan glukosa dalam tubuh. selain itu almond ini juga berfungsi untuk membantu dan mengurangi peningkatan reaksioner kadar glukosa dan cairan insulin. Hal inilah yang menjadi titik pokok para penderita diabetes langkah yang harus diatur agar segera sembuh dari penyakit diabetes.

Menurunkan berat badan

Di dalam kacang almond terdapat kandungan lemak mono unsaturated yang sangat bermanfaat guna memberi nafsu makan pada orang yang gemuk dan mencegah makan yang berlebihan. Kacang almond ini sangat rendah kalori jadi sangat aman bagi anda yang ingin diet menurunkan berat badan.

Demikian beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika mengkonsumsi kacang almond. Walaupun kacang almond ini berukuran kecil namun memiliki manfaat yang begitu besar. Selamat mencoba !

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *