Mudah Mengantuk Saat Bekerja? Atasi Dengan 10 Hal Beriut Ini

Image result for yawn work

Mengantuk mungkin menjadi hal yang menyulitkan bagi seseorang saat mereka sedang bekerja. Karena ada banyak kasus yang dilaporkan bahwa banyak pekerja yang selalu mengantuk dan bahkan tertidur di saat jam kerja berlangsung. Ini merupakan masalah yang cukup serius. Jika kamu mungkin salah satu orang yang mengalami ini, maka kamu pasti akan mebutuhkan artikel ini.

Baca juga: Beragam Cara Efektif Mengatasi Masalah Jerawat

Di sini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi keluhan mengantuk saat bekerja. Kamu hanya perlu membaca artikel ini sampai tuntas dan rasakan perubahannya. Karena menjadi seseorang yang lebih produktif di saat jam kerja akan mengantarkan kamu ke hal yang lebih baik. Yuk kita mulai dnegan membahas 10 hal yang bisa mengatasi keluhan mengantuk saat jam kerja.

1.      Sarapan Dengan Menu Yang Benar

Banyak orang mungkin akan menghindari sarapan dengan alasan mereka akan mengantuk jika memulai harinya dengan sarapan. Ini merupakan hal yang tidak sepenuhnya salah. Memang, jka kalian memakan menu sarapan yang salah akan menyebabkan kalian menjadi lebih mengantuk. Kenapa? Karena kadar gula dalam darah akan kian naik dan menyebabkan rasa mengantuk di pagi dan disiang hari.

Untuk menjaga agar kadar gula darah dalam kondisi yang normal maka kalian perlu sarapan dengan menu yang baik. Jangan mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar gula, yang mengandung karbohidtrat sederhanda dan terlalu banyak memiliki perasa. Sebaiknya gunakan menu yang tinggi protein, serat dan lemak baik. Ini akan memberikan tenaga tanpa menyebabkan kantuk.

Baca juga: Jenis Pijat dan Cara Mudah Mengatasi Masalah Stress Dalam Kehidupan

2.      Hindari Minuman Berenergi

Tidak jarang kita akan tertarik untuk mengkonsumsi minuman yang memiliki laberl “berenergi” didalam kemasannya. Namun, ini hanya akan memberikan energi sesaat dan menyebabkan kamu lebih mudah mengantuk setelahnya. Mengapa? Karena biasanya ini akan tinggi akan kandungan gula, bersoda dan berkafein. Gula akan menyebabkan kadar gula di darah naik, kafein akan buruk bagi kesehatan jantung, juga soda. Jadi alih-alih meminum minuman yang memiliki label berenergi, lebih baik anda meminum air putih saja. Ini lebih sehat dan tentunya tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

3.      Jangan Lupa Untuk Menghidrasi Tubuh

70 % bagian dari tubuh manusia terdiri dari air. Dan kamu juga harus tahu bahwa dehidrasi atau kekuarangan cairan tubuh akan menyebabkan kamu mudah mengantuk dan merasa lelah. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu. Jangan lupa untuk setidaknya meminum 2 hingga 3 liter air setiap harinya. Kebutuhan ini tentunya akan tergantung jenis kelamin, berat aktifitas dan usia.

4.      Cobalah Untuk bergerak

Jika kamu merasa sangat mengantuk sedang bekerja, maka cobalah untuk berhenti sejenak dan gerakan tubuhmu. Setidaknya buatlah gerakan kecil seperti peregangan otot maupun berjalan-jalan sebentar kekamar mandi misanya.ini juga merupakan hal bagus dimana kamu bisa sedikit mencuci muka dan memberikan sentuhan air segar di wajah yang akan membantu dalam membuat kamu menjadi lebih terjaga.

Bergerak juga efektifdalam melawan rasa kantuk saat berkeja. Ini akan menjadi hal yang bisa dilakukan jika kamu memang ahrus tetap terjaga selama bekerja dalam sebuah ruangan tertutup dan kamu hanya bisa duduk di meja kerja kamu.

5.      Minum Air Perasan Lemon atau Campuran Cuka Apel

Tahukah kamu bahwa air lemon dan air campuran cuka apel bagus untuk kesehatan tubuh dan mencegah rasa mengantuk? Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan. Ini akan menjadi alat untuk menambahkan energi kedalam tubuh kamu hingga kamu tidak lagi mengantuk terlalu berat. Karena dengan meminum perasan lemon kamu akan mengaktifkan sistem metabolisme tubuh.

Begitu juga dengan kahasiat yang diberikan oleh segelas air yang dicampur dnegan 1 hingga 2 sendok teh cuka apel. Ini juga akan efektif dalam memberikan energi dan menjadikan kamu tidak lagi terlalu mengantuk. Cuka apel juga diyakini ampuhg menurunkan kadar gila darah yang menajdi salah satu penyebab kamu mengantuk.

6.      Memijit Titik Relaksasi

Kamu harus tahu bahwa ada titik syarat di bagian tubuh yang akan membantu dalam mengatasi masalah mengantuk. Dimana? Dibagian telapak tanagn. Pijitlah dengan lumayan keras bagian antara jari telunjuk dan ibu jari. Coba cari bagian di atas tulan yang menyatu antara kedua jari tersebut. Pijit selama 2 menit dan kamu akan merasakan sensasi dimana ini akan membantu dalam menghilangkan rasa kantuk disaat bekerja.

7.      Usahakan Kamu Bekerja Di Tempat Yang Cukup Cahaya

Bekerja di ruangan yang lebih gelap akan emmbuat kamumenjadi lebih mudah mengantuk. Untuk itu, cobalah untuk bekerja di tempat yang pencahayaannya cukup hingga tidak akan menyebabkan kamu merasa mengantuk. Jika kamu berada di ruangan tertutup maka usahakan pencahayaanya tidak kurang atau kamu akan makin mengantuk jika bekerja di tempat yang redup.

8.      Dengarkan Musik Up Beat

Mungkin sangat kurang etis jika tiba-tiba kamu mendengarkan musik up beatdi ruangan kerja. Namun, jika kamu memang merasa sangat mengantuk maka dengarkanlah musik tersebut menggunakan headset. Ini akan menstimulasi otak untuk tetap membuat tubuh terjaga. Jangan mendengarkan lagu yang memiliki tempo pelan atau mendengarkan lagu instrumental. Karena ini akan menyebabkan kamu makin mengatuk.

9.      Cobalah Teknik Pernafasan

Agar kamu bisa mengatasi rasa kantuk dnegan cepat kamu harus mahir dalam menggunakan teknik pernafasan. Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu bernafas panjang yang dalam dan tahan untuk beberapa detik. Selama yang kamu bisa, kemudian hembuskan pelahan.

Lakukan teknik pernafasan ini secara berulang hingga kamu merasa lebih segar lagi. Ini akan melancarkan pengantaran oksigen ke daerah otak dan membuat kamu menjadi tidak terlalu mengantuk. Jika bisa, cobalah untuk mengistirahatkan pandangan sejenak dari pekerjaan kamu dan lakukan beberapa menit waktu untuk sedikit menenangkan fikiran.

10.  Hirup Udara Segar

Jika kamu memang sangat mengantuk maka cobalah cari udara segar. Jauhkan wajahmu dari angin yang tidak baik seperti kipas angin. Ini hanya akan membuat kamu menjadi kian mengantuk. Jika kamu bekerja didalam sebuah rauangan tertutup maka cobalah sejenak keluar. Keluar dari ruangan dan coba hirup udara segar diluar ruangan. Istirahatkan mata sejenak dan lihatlah disekeliling. Tidak perlu lama, kamu bisa melakukan hal ini selama 3 – 5 menit. Dan setelah itu kamu akan mulai segar kembali. Apalagi jika di tempat kamu bekerja memungkinkan kamu untuk mandi, maka mandi air hangat akan menyegarkan kembali tubuh yang mengantuk dan kelelahan.

Nah demikianlah 10 cara dalam mengatasi maslaah mengantuk saat kamu bekerja. Sebenarnya, ini merupakan hal yang bisa dilakukan dengan mudah. Namun jangan lupa untuk mengetahui penyebab kamu mengantuk, karena bisa jadi tubuhmu memang sangat kelelahan dan memerlukan istirahat yang cukup. Jangan abaikan waktu istirahat malam yang setidaknya membutukan 6 hingga 8 jam setiap harinya.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *