Tangan Kapalan, Atasi dengan Segera

Bagi seorang wanita, kulit tangan yang kapalan tentu akan membuat rasa percaya dirinya kurang. Anggapan tidak menjaga kebersihan dan tidak merawat diri tentu bias mendarat kepadanya. Mungkin kapalan akan terasa biasa jika dialami seorang pria. Namun tidak sedikit juga pria yang merasa risih dan juga malu mempunyai kulit tangan yang kapalan.

Kapalan sendiri adalah penebalan kulit yang terjadi karena tekanan dan gesekan yang berlebihan. Bagian tubuh yang sering kapalan adalah kaki, tumit, tangan dan juga jari. Kulit umumnya akan berwarna kekuningan selama mengalami kapalan. Efek lain dari kapalan yang bisa kamu rasakan adalah kulit jadi kurang sensitive dengan sentuhan. Perasaan terganggu dan tak nyaman juga tentu kamu alami.

Kapalan di tangan bisa muncul karena beberapa faktor pemicu, seperti terlalu sering melakukan pekerjaan kasar, atau bersentuhan langsung dengan benda keras dan kasar. Pemain gitar dan drum umumnya juga akan mengalami kulit kapalan, dan ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi mereka.

Bagi yang menderita diabetes atau mempunyai sirkulasi darah yang buruk, coba konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Apalagi jika kapalan mulai menimbulkan rasa nyeri atau peradangan, karena ini menjadi tanda ada yang tidak beres. Gejala kapalan sendiri bisa ditunjukkan dengan beberapa gejala seperti kulit yang mulai kasar dan menebal, rasa nyeri atau sakit yang muncul ketika bagian bawah kulit disentuh, muncul benjolan keras pada kulit, dan kulit berubah menjadi kering dan pecah-pecah.

Sebelum memutuskan untuk membeli obat kapalan secara bebas, ada baiknya segera pergi ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Pada tahap awal dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menentukan apakah penebalan yang terjadi pada kulit memang benar kapalan atau justru kutil, mata ikan, atau kista. Jika dirasa kurang, dokter akan menyarankan untuk melakukan tes sinar X.

Pada tahap yang parah, kapalan tidak bisa hanya diselesaikan dengan pengobatan secara medis. Apalagi hanya sekadar membeli obat perawatan tangan yang banyak dijual di pasaran. Penderita kapalan juga akan diminta untuk menghindari aktivitas berat dan kasar yang jadi penyebab kapalan, atau menggunakan sarung tangan selama beraktifitas.

Jika keadaan tak juga membaik, dokter bisa mengambil langkah lain untuk menghilangkan kapalan, seperti pemotongan kulit keras, pemakaian plester anti kapalan, pemakaian salep antibiotik, hingga operasi bila memang diperlukan. Tindakan operasi diambil jika posisi atau struktur tulang memburuk selama kapalan terjadi.

Kamu bisa menurunkan kemungkinan terkena resiko kapalan seperti menggunakan sarung tangan saat beraktifitas berat, serta dengan rajin menjaga kebersihan tangan. Bagaimana pun, kebersihan tetap menjadi faktor utama yang bisa memicu datangnya sakit apa saja pada tubuh.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *