Tips Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

Image result for snore

Kebiasaan mendengkur atau mengorok sering terjadi pada sebagian besar orang saat mereka sedang tidur. Baik itu pria, wanita bahkan anak-anak sekalipun. Meskipun bukan suatu yang berbahaya, namun kebiasaan ini seringkali membuat orang yang berada di samping kita menjadi tidak nyaman akibat suara yang dikeluarkan. Untuk Anda yang terbiasa mendengkur saat tidur, berikut beberapa tips menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur yang cukup efektif untuk dilakukan:

  1. Rubah Posisi Tidur

Mendengkur menjadi salah satu kebiasaan yang bisa diakibatkan oleh posiis tidur yang kurang tepat. Kebanyakan orang yang suka mendengkur mereka memiliki posisi tidur dengan tubuh terlentang dan leher sedikit ke atas. Untuk menghilangkan suara dengkur yang bising, maka rubahlah posisi tidur menyamping agar rongga tenggorokan tidak terbuka dan Anda bisa bernafas lewat hidung.

  1. Posisi Bantal yang Lebih Tinggi

Selain diakibatkan oleh posisi tidur yang salah, mendengkur juga dapat disebabkan oleh posisi bantal yang terlalu rendah sehingga dapat menyumbat pernafasan. Jika biasanya Anda terbiasa menggunakan satu bantal, maka cobalah dengan posisi bantal yang lebih tinggi atau bisa juga menggunakan dua bantal.

Baca juga: Tips Memupuk Rasa Percaya Diri

  1. Lakukan Olahraga Mulut

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur juga dapat Anda lakukan dengan olahraga mulut. Olahraga mulut diyakini dapat mengatasi saluran pernafasan yang tersumbat. Anda bisa melakukan olahraga mulut dengan menggerak-gerakan bagian mulut dan lidah  setiap hari sebelum menjelang tidur.

  1. Hindari Kebiasaan Merokok

Kebanyakan pria yang memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur mereka juga memiliki kebiasaan merokok setiap hari. Dimana rokok yang Anda hisap setiap hari dapat mempengaruhi saluran pernafasan yang membuat nafas jadi sulit untuk dikeluarkan melalui hidung. Sebaiknya, hindari kebiasaan merokok jika mendengkur ingin Anda hilangkan.

  1. Hindari Minum Alkohol

Selain merokok, kebiasaan mendengkur juga dapat timbul akibat konsumsi minuman beralkohol yang berlebih. Dimana kandungan bahan aktif yang terdapat di dalam alkohol akan membuat kepekaan seseorang menjadi berkurang. Bahkan saat mereka tidur sambil mendengkur pun juga tidak akan terasa.

Baca juga: Tips Mengubah Kebiasaan Agar Tidur Lebih Nyenyak

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki peran yang sangat besar untuk menjaga kesehatan organ tubuh, termasuk sistem pernafasan manusia. Jika selama ini Anda memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur yang sulit untuk dihilangkan. Maka cobalah perbanyak minum air putih setiap hari.

  1. Hindari Makan Sebelum Tidur

Kebiasaan makan sebelum tidur seringkali dilakukan oleh sebagian orang dengan alasan agar tidur mereka lebih nyenyak. Namun, kebiasaan ini justru dapat membuat suara dengkur yang dihasilkan lebih keras. Sebaiknya, mulai hindari kebiasaan makan sebelum tidur yang sering Anda lakukan selama ini.

  1. Turunkan Berat Badan

Mendengkur dapat terjadi akibat saluran pernfasan yang terhalang oleh timbunan lemak di dalam tubuh. Umumnya orang yang memiliki berat badan berlebih akan megeluarkan suara ketika mereka tidur. Sebaiknya turunkan berat badan dengan menerapkan pola makan sehat agar kebiasaan mendengkur dapat Anda hilangkan.

  1. Konsumsi Minuman Herbal

Selain dengan cara menurunkan berat badan, bagi Anda yang memiliki keluhan di saluran pernafasan. Maka konsumsi minuman herbal dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur. Anda dapat mengkonsumsi minuman herbal seperti jahe, kunyit, dan lain-lain.

  1. Terapi Uap Panas

Terapi uap panas dapat melancarkan saluran pernafasan yang tersumbat. Jika selama ini kebiasaan mendengkur Anda dipengaruhi oleh tersumbatnya saluran pernafasan yang membuat nafas jadi terasa sulit. Maka terapi uap panas dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur.

  1. Olahraga Teratur

Selain baik untuk kesehatan tubuh, olahraga secara teratur juga dapat menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur. Dimana olahraga dapat melancarkan proses metabolisme sehingga tumpukan lemak dapat dicerna secara sempurna oleh tubuh. Lemak-lemak yang terdapat di saluran pernafasan pun akan hilang sehingga nafas pun jadi lebih ringan saat Anda tidur.

  1. Yoga

Yoga menjadi salah satu tips menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur. Dimana gerakan-gerakan yoga dapat memperlancar saluran pernafasan yang membuat tubuh terasa lebih ringan. Selain itu, yoga juga dapat memperlancar peredaran darah di dalam tubuh sehingga tidur pun akan terasa lebih nyenyak.

  1. Atur Pola Tidur

Pola tidur yang tidak teratur umumnya membuat tidur menjadi kurang nyenyak dan tubuh jadi sering lemas. Bahkan pola tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur. Sebaiknya, atur pola tidur Anda dengan pola tidur sehat minimal 8 jam setiap hari.

  1. Ubah Suasana Kamar

Suasana kamar yang terlalu kering akan menyebabkan sirkulasi udara menjadi terhambat. Bahkan untuk orang yang terbiasa mendengkur akan menyebabkan suara dengkurnya menjadi lebih keras dari sebelumnya. Anda bisa merubah suasana kamar yang semula kering menjadi lebih lembab untuk memperlancar sirkulasi udara di dalamnya.

  1. Rutin Bersihkan Rongga Hidung

Membersihkan rongga hidung secara rutin ternyata mampu mengurangi kebiasaan mendengkur yang biasa Anda lakukan saat tidur. Dimana kotoran-kotoran yang terdapat di dalamnya dapat Anda bersihkan untuk mengurangi penyumbatan. Lakukan kebiasaan membersihkan rongga hidung untuk mengurangi kebiasaan mendengkur saat tidur.

  1. Perbanyak Asupan Vitamin C

Saat seseorang memiliki kadar vitamin C yang cukup rendah, maka penyakit seperti flu dan batuk jadi lebih rentan untuk menyerang sistem kekebalan tubuhnya. hal tersebut dapat mempengaruhi sistem pernafasan yang membuat suara dengkur jadi lebih keras.

  1. Hindari Mengkonsumsi Obat Penenang

Jika selama ini Anda sering mengkonsumsi obat penenang sebagai anti-depresi. Maka sebaiknya hindari konsumsi obat-obatan ini. Selain dapat merusak kinerja otak, konsumsi obat penenang juga dapat memperburuk kualitas tidur Anda dan menyebabkan kebiasaan mendengkur jadi lebih parah

  1. Jangan Sampai Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat biasanya terjadi saat Anda mengalami pilek. Sebisa mungkin hindari penyakit ini agar hidung tidak tersumbat. Karena saat hidung tersumbat, maka mendengkur jadi lebih sering dan bahkan dapat mengeluarkan suara yang lebih keras dari sebelumnya.

  1. Cegah Mulut Agar Tidak Terbuka Saat Tidur

Tips menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur juga dapat Anda lakukan dengan mengubah posisi tidur. Saat Anda tidur usahakan agar mulut tidak terbuka. Caranya, Anda bisa mengambil posisi tidur miring atau dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi.

  1. Gunakan Minyak Peppermint

Minyak peppermint ternyata cukup bermanfaat untuk Anda yang terbiasa mendengkur sata tidur. Selain dapat memperlancar pernafasan dan menghindari hidung tersumbat. Minyak peppermint juga dapat menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur. Anda bisa menggunakan minyak peppermint sebelum tidur dengan cara dioleskan ke bagian hidung dan leher agar pernafasan jadi lebih ringan.

Itulah beberapa tips menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda bisa melakukan beberapa cara di atas agar saluran pernafasan jadi lebih ringan dan tidak menimbulkan suara dengkur yang bisa mengganggu orang lain yang ada di samping Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *