Tips Mengubah Kebiasaan Agar Tidur Lebih Nyenyak

Image result for sleep

Tidur yang cukup memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda. Selain dapat menghilangkan rasa capek, Anda juga akan memiliki badan yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan penyakit. Sayangnya, beberapa kebiasaan justru mempengaruhi jam tidur Anda sehingga tidur menjadi tidak nyenyak. Berikut tips mengubah kebiasaan agar tidur lebih nyenyak yang bisa Anda lakukan:

  1. Buat Jadwal Tidur Teratur

Meskipun terdengar sepele, namun tips pertama ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Anda bisa membuat jadwal tidur secara teratur. Dimana jika umumnya tidur manusia dilakukan selama 7 – 8 jam. Maka Anda bisa membuat jadwal tidur mulai dari jam 9 dan bangun di jam 4 pagi. Namun jika Anda tidur lebih dari jam tersebut, maka tambahlah tidur Anda hingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk melakukan tidur secara teratur.

  1. Hindari Konsumsi Kafein

Kafein menjadi salah satu kandungan yang dapat membuat Anda menjadi susah tidur atau bahkan tidak merasakan kantuk sama sekali. Dimana kandungan ini dapat Anda temui di beberapa makanan dan minuman, seperti cokelat, kopi, teh, minuman berenergi, dan lainnya.

Dari beberapa makanan dan minuman tersebut, kopi menjadi minuman yang paling banyak mengandung kafein. Selain itu, kopi juga menjadi salah satu minuman yang paling banyak dinikmati. Jika Anda ingin mendapatkan tidur yang nyenyak. Maka sebaiknya hindari konsumsi kafein berlebih. Namun jika sulit, Anda bisa menghindari minum-minuman berkafein minimal 3 – 5 jam sebelum tidur.

Baca juga: Tips Memupuk Rasa Percaya Diri

  1. Banyak Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat yang memiliki kandungan gizi yang cukup selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh ternyata juga mampu membuat tidur seseorang menjadi lebih nyenyak. Terbukti, jika Anda sering mengkonsumsi makanan tinggi gizi seperti buah dan sayur. Maka tidur yang Anda lakukan pun akan lebih nyenyak. Bahkan badan akan terlihat lebih fit dan jarang terkena penyakit.

  1. Mandi Sebelum Tidur

Saat Anda merasa lelah akibat kerja seharian, maka jangan jadikan alasan untuk tidak mandi. Mandi akan membuat badan kembali lebih segar dan menghilangkan segala kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh. Saat Anda tidak mandi, maka tubuh akan terasa lengket, risih dan bahkan otot-otot pun menjadi kaku. Jika hal tersebut Anda biasakan maka tidur pun menjadi tidak nyenyak.

Jika jam pulang kerja Anda di waktu malam, maka Anda bisa menggunakan air hangat untuk mandi. Selain akan mengembalikan kesegaran badan. Mandi dengan air hangat juga dapat merelaksasikan otot-otot yang capek akibat kerja seharian.

  1. Lakukan Olahraga Sebelum Tidur

Jika selama ini Anda sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Maka tidak ada salahnya untuk membiasakan olahraga sebelum tidur. Olahraga sebelum tidur dapat merelaksasikan otot dan ketegangan tubuh akibat aktivitas yang sudah Anda lakukan seharian. Selain itu,olahraga juga akan membuat tubuh terasa lebih lelah. Sehingga tidur pun akan lebih cepat untuk Anda lakukan.

Tidak perlu olahraga yang berat, cukup gerakan yang ringan seperti melenturkan otot punggung, relaksasi otot-otot di sekitar tangan dan kaki, gerakan memutarkan kepala. Maka hal itu dapat Anda lakukan sebelum tidur.

Baca juga: Tips Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

  1. Hindari Makan Sebelum Tidur

Kebiasaan makan sebelum tidur seakan menjadi rutinitas bagi sebagian orang. Alih-alih untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dengan kondisi perut yang kenyang justru akan mengganggu tidur Anda. Memang saat perut terasa kenyang, Anda akan merasakan kantuk. Namun, hal tersebut tidaklah bertahan lama. Sebaiknya hindari kebiasaan makan atau ngemil sebelum tidur. Terutama untuk Anda yang memiliki kualitas tidur yang kurang baik.

  1. Hilangkan Kebiasaan Merokok Sebelum Tidur

Untuk Anda yang memiliki kebiasaan merokok, maka sebaiknya jangan pernah merokok sebelum tidur. Selain kafein, ternyata kandungan nikotin yang terdapat di dalam rokok juga memiliki efek sulit tidur. Bahkan dapat menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak. Meskipun merokok terkadang bisa membuat pikiran jadi tenang. Namun jika dilakukan sebelum tidur menjelang, maka justru akan mempengaruhi tidur Anda.

  1. Bikin Suasana Kamar Menjadi Nyaman

Suasana kamar memiliki pengaruh untuk bisa tidur lebih nyenyak. Jika suasana kamar Anda nyaman, maka tidur pun juga akan lebih terjaga. Berbeda jika suasana dan kondisi kamar Anda berantakan, kotor, bahkan sirkulasi udaranya sangat buruk. Tentu Anda akan terganggu ketika tidur dan menyebabkan tidur tidak bisa nyenyak. Sebaiknya ubah suasana kamar Anda menjadi nyaman agar tidur dapat Anda rasakan lebih nyenyak.

  1. Hindari Penggunaan Alat Elektonik Sebelum Tidur

Tips mengubah kebiasaan agar tidur lebih nyenyak juga harus Anda lakukan dengan menghindari penggunaan alat elektronik sebelum tiudr. Dimana penggunaan alat-alat elektronik seperti handphone, televisi, komputer dapat menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak. Bahkan radiasinya dapat mempersulit Anda untik memejamkan mata. Sebaiknya jauhkan alat-alat elektronik dari tempat tidur Anda agar kualitas tidur lebih terjaga.

  1. Padamkan Lampu Kamar

Kebiasaan menyalakan lampu kamar mungkin selama ini Anda lakukan. Entah karena Anda merasa takut kegelapan atau yang lainnya. Namun cahaya kamar yang terlalu terang dapat menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak. Bahkan Anda akan lebih sering terbangun di malam hari akibat efek cahaya yang dipantulkan. Cobalah untuk memadamkan lampu kamar, karena dengan keadaan yang lebih redup Anda akan merasakan tidur jauh lebih nyenyak.

  1. Pastikan Kasur dan Bantal Anda

Kasur dan bandal menjadi teman terbaik untuk tidur. Jika kondisinya buruk tentu akan mempengaruhi tidur Anda. Sebaiknya, saat Anda akan tidur pastikan terlebih dahulu jika kasur dan bantal dalam kondisi yang nyaman, misalnya terhindar dari debu dan kotoran atau bisa juga dengan menggunakan kasur dan batal yang lebih empuk agar Anda  lebih nyaman saat tidur.

  1. Hindari Kebiasaan Telepon Sebelum Tidur

Kebiasaan telepon sebelum tidur seakan menjadi rutinitas bagi Anda yang memilii hubungan jarak jauh dengan keluarga, pacar atau bahkan teman akrab. Biasanya malam hari menjadi waktu yang sering digunakan untuk menghubungi kerabat. Namun kebiasaan seperti ini justru dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Tidur menjadi tidak nyenyak dan bahkan membuat Anda sering begadang hingga larut pagi.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat bukan hanya memiliki manfaat untuk kesehatan, melainkan juga berpengaruh terhadap pola tidur yang Anda miliki. Jika Anda sering menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi dan sering melakukan olahraga. Maka kualitas tidur Anda akan semakin terjaga. tidur akan lebih nyenyak dan bahkan bisa membuat badan terasa lebih fit.

Beberapa kebiasaan memang dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda di malam hari. Dengan beberapa tips mengubah kebiasaan agar tidur lebih nyenyak. Maka Anda bisa menerapkannya untuk mendapatkan tidur yang lebih baik dengan rasa yang lebih nyenyak dan nyaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *