Pemalu? Atasi Dengan Kiat Berikut Ini

Image result for shy

Menjadi pemalu dapat memengaruhi cara Anda mencapai kegiatan sehari-hari yang sederhana dan rumit. Bahkan, kurangnya kepercayaan diri ini pada diri Anda sendiri pada akhirnya dapat menjadi hambatan dalam mencapai tujuan Anda dalam hidup dalam jangka panjang. Sebagai bentuk introversi, ini bisa menjadi alasan mengapa Anda tidak sering berinteraksi dengan orang lain, mengapa Anda tidak mencoba hal-hal baru dan juga penyebab utama yang membunuh setiap kesempatan Anda untuk mengembangkan diri. Jadi apa yang bisa Anda lakukan?

Pertama-tama, penting untuk memahami bahwa rasa malu bukanlah sesuatu yang dapat Anda hapus dari sistem Anda dalam sekejap dan itu tidak mudah untuk mengubah perspektif seseorang dan perasaan yang menyertainya. Bagaimana kita berpikir dipengaruhi dan dipengaruhi oleh banyak hal. Butuh waktu untuk meyakinkan diri sendiri bahwa Anda akan baik-baik saja, bahwa semuanya baik-baik saja. Ini akan menjadi pertempuran konstan dengan diri Anda sendiri tetapi setelah Anda memutuskan untuk menjadi pemberani, itu akan sangat berharga; Ini membebaskan dan Anda akan dapat melakukan lebih banyak lagi. Jadi, jika Anda membutuhkan sesuatu untuk mengatasi masalah pemalu, berikut ini beberapa kiat inspiratif untuk mengatasi rasa malu.

1. Temukan akar penyebab masalah.

Memahami alasan di balik perilaku dan perasaan Anda adalah penting untuk perubahan. Anda tidak akan bisa menyelesaikan masalah Anda jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Renungkan dan tanyakan pada diri Anda mengapa Anda merasa seperti itu. Tuliskan semua alasannya jika Anda harus dan pikirkan cara membuatnya lebih baik.

Baca juga: Ini Dia Penyebab Proses Penuaan Lebih Cepat

2. Hargai diri Anda.

Apakah Anda memanggang kue yang lezat? Apakah kamu pandai kaligrafi? Pikirkan semua hal baik dan kesuksesan yang telah Anda capai. Pujilah diri Anda bahkan untuk pencapaian terkecil dan percaya diri. Karena orang pertama yang seharusnya merasa bangga padamu adalah dirimu sendiri.

3. Berhenti menjadi sadar diri.

Jika Anda berpikir orang lain akan melihat Anda dan memikirkan sesuatu yang buruk tentang Anda, hentikan. Mereka memiliki kehidupan mereka sendiri dan Anda tidak dapat mengendalikan mereka. Mereka mungkin menatap Anda atau berbicara tentang Anda tetapi itu tidak akan bertahan selamanya. Fokus pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan seperti reaksi dan sikap Anda, bukan hal-hal yang tidak dapat Anda ubah.

4. Jangan berpikir terlalu banyak.

Ketakutan kita adalah produk dari pikiran kita. Jika Anda selalu takut bahwa Anda mungkin gagal atau menjadi kekecewaan, tenang saja. Bernapaslah dan cobalah untuk tidak fokus pada hal yang negatif. Berkonsentrasilah pada apa yang harus Anda lakukan dan yakinkan diri Anda bahwa Anda akan baik-baik saja. Setiap hari bukanlah hari yang buruk dan tidak semua orang di luar sana untuk mendapatkan Anda. Anda harus percaya diri dan orang lain.

Baca juga: 12 Tips Inspiratif untuk Mencapai Sukses dalam Hidup

5. Jagalah tubuh Anda.

Alasan mengapa Anda merasa malu adalah karena Anda tidak yakin tentang diri sendiri dan apa yang Anda miliki atau tidak miliki. Kondisi tubuh Anda mempengaruhi suasana hati Anda dan bagaimana Anda berperilaku. Memiliki tubuh dan pikiran yang sehat diperlukan untuk merasa baik tentang diri sendiri. Jadi, cobalah latihan atau aktivitas fisik untuk memperkuat tubuh Anda, makan sehat, rileks pikiran Anda dan berusaha untuk sehat jasmani dan rohani.

6. Dandan dan buat penampilan yang lebih baik.

Temukan gaya busana yang Anda sukai dan kenakan. Ubah gaya rambut atau warna rambut Anda. Pakailah riasan jika itu akan membuat Anda merasa lebih percaya diri. Pakai sepasang sepatu yang bagus. Gunakan jaket denim yang Anda ragu-ragu untuk membeli karena Anda khawatir bahwa Anda mungkin tidak terlihat bagus di dalamnya. Temukan apa yang membuat Anda nyaman karena itu semua tentang perasaan baik tentang diri sendiri.

 

7. Terhubung dengan teman dan keluarga.

Salah satu alasan mengapa Anda malu adalah karena Anda tidak merasa bahwa Anda termasuk dalam kelompok. Anda merasa seperti orang luar dan sendirian. Ingat bahwa Anda memiliki keluarga dan teman-teman Anda. Bicaralah dengan mereka lebih sering dan rencanakan pertemuan. Jangan takut untuk memulai percakapan dan mengajukan pertanyaan.

8. Lakukan kegiatan sendiri.

Jika Anda merasa cemas setiap kali Anda pergi ke konter untuk memesan makanan Anda, atau ragu untuk meminta pelayan segelas air, cobalah berlatih. Pergi ke restoran atau kafe sendiri dan pesan sesuatu. Dengan cara ini, Anda akan terbiasa berada di tempat umum dan akhirnya Anda akan menyadari bahwa Anda dapat melakukan hal-hal sendiri tanpa merasa sadar dan khawatir.

9. Bergabunglah dengan kegiatan kelompok.

Untuk mengatasi rasa takut Anda berinteraksi dengan orang lain, mengapa tidak menempatkan diri Anda dalam situasi di mana Anda tidak dapat menghindari keharusan berbicara dengan seseorang? Bergabunglah dengan tur kelompok atau kelas yoga. Dengan cara ini, Anda akan dipaksa untuk berinteraksi dengan mereka dan meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi Anda.

10. Hilangkan orang “beracun” dalam hidup Anda.

Terkadang alasan mengapa Anda merasa tidak percaya diri adalah karena orang-orang di sekitar Anda. Jika teman-teman Anda selalu memperlakukan Anda seolah-olah Anda orang yang kurang dan lebih rendah dari mereka, saatnya untuk mengepak tas Anda. Anda harus mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang menghargai Anda dan menganggap Anda setara dan sama istimewanya dengan mereka. Anda tidak perlu berada di dekat seseorang yang selalu mengecewakan Anda dan membuat Anda merasa buruk tentang diri Anda sendiri.

11. Terakhir, jangan terburu-buru.

Jangan kecewa jika Anda tidak dapat melakukan sesuatu dengan segera. Jangan kehilangan harapan jika Anda tidak bisa menyapa orang yang Anda kagumi. Jangan memaksakan diri untuk menyukai atau melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai – karena Anda tidak dapat mengubah seseorang dalam semalam. Luangkan waktu Anda untuk belajar tentang diri sendiri dan tentang orang lain. Bersikap baik kepada diri sendiri dengan memberi waktu untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan yang ingin Anda miliki dan versi diri Anda yang menurut Anda ideal.

Pada dasarnya, keberanian, tekad, dan cinta-diri adalah kunci untuk berhasil mengatasi rasa malu. Penting juga bagi Anda untuk memahami seberapa besar efek dari kurangnya rasa percaya diri yang Anda miliki terhadap Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Jangan pernah lupa bahwa untuk memiliki kekuatan untuk berubah, Anda harus memiliki kemauan untuk mencoba. Anda harus menghadapi ketakutan Anda dan banyak tantangan untuk menjadi orang yang lebih percaya diri dan lebih kuat.

Yang terpenting, Anda harus percaya pada diri sendiri bahwa Anda dapat melakukannya. Anda bisa menjadi apa yang Anda inginkan dan lakukan apa yang ingin Anda lakukan karena itu hidup Anda dan Anda memegang kendali. Dan dengan menggunakan beragam langkah di atas anda akan menjadi seseorang yang lebih percaya diri.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *